Selasa, 21/05/2024 16:53 WIB

Militer Amerika Serikat Hancurkan Rudal Antikapal Houthi di Yaman

Militer Amerika Serikat Hancurkan Rudal Antikapal Houthi di Yaman

Militer Amerika Serikat Hancurkan Rudal Antikapal Houthi di Yaman. (FOTO: MIDDLE EAST)

JAKARTA - Militer Amerika mengatakan pihaknya menghancurkan rudal antikapal Houthi di Yaman yang ditujukan ke Laut Merah dan siap diluncurkan setelah kelompok yang bersekutu dengan Iran menyerang sebuah kapal tanker minyak Inggris di Teluk Aden.

Rudal tersebut “menimbulkan ancaman besar terhadap kapal dagang dan kapal Angkatan Laut AS di wilayah tersebut”, kata Komando Pusat AS pada hari Sabtu dalam sebuah pernyataan di X.

Kelompok Houthi telah meluncurkan drone dan rudal ke kapal-kapal di Laut Merah sejak 19 November sebagai tanggapan atas operasi militer Israel di Gaza.

Serangan AS ini menyusul serangan pemberontak Houthi terhadap kapal tanker bahan bakar Inggris pada Jumat malam.

Marlin Luanda, milik perusahaan perdagangan Trafigura yang berbasis di Singapura, rusak tetapi tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dan kapal Angkatan Laut AS USS Carney memberikan bantuan, kata militer AS.

“Kami dengan senang hati mengonfirmasi bahwa seluruh awak kapal Marlin Luanda selamat dan api di tangki kargo telah padam sepenuhnya. Kapal sekarang berlayar menuju pelabuhan yang aman,” kata Trafigura dalam updatenya.

Juru bicara militer Houthi Yahya Saree, dalam pernyataan yang disiarkan televisi, mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, dengan mengatakan pasukannya akan terus menyerang kapal-kapal di Laut Merah sampai “agresi” Israel terhadap warga Palestina di Gaza berhenti.

Al Masirah, saluran berita satelit yang dikelola Houthi, melaporkan pada hari Sabtu bahwa AS dan Inggris melancarkan dua serangan udara yang menghantam pelabuhan Ras Issa, terminal ekspor minyak utama Yaman, di provinsi Hodeidah.

Serangan Houthi sejauh ini terkonsentrasi di selat sempit Bab el-Mandeb, yang menghubungkan Teluk Aden dengan Laut Merah.

Sekitar 50 kapal berlayar melalui selat ini setiap hari, menuju dan dari Terusan Suez – arteri utama perdagangan maritim global.

Beberapa perusahaan pelayaran terbesar di dunia telah menghentikan operasinya di kawasan ini, dan malah mengirim kapal mereka melalui rute yang lebih panjang di sekitar Tanjung Harapan di Afrika Selatan, sehingga memperlambat perdagangan antara Asia dan Eropa.

AS dan Inggris telah melancarkan beberapa putaran serangan udara sejak serangan Houthi mulai menargetkan depot rudal dan lokasi peluncur di Yaman.

Sejak kampanye serangan udara dimulai, pemberontak mengatakan mereka juga akan menargetkan kapal-kapal AS dan Inggris.

Pada hari Rabu (24/1/2024), dua kapal berbendera AS yang membawa kargo untuk pertahanan dan departemen luar negeri diserang oleh Houthi, memaksa kapal perang Angkatan Laut AS yang mengawalnya untuk menembakkan beberapa proyektil tersebut. (*)

 

KEYWORD :

Israel Teroris AS rudal Houthi Yaman Israel Palestina Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :