Senin, 04/03/2024 02:01 WIB

Pameran Lelang Lukisan Amal Bhineka Tunggal Ika Capai 5 Miliar Lebih

Pameran Lelang Lukisan Amal

Tantowi Yahya beri keterangan terkait Pameran Lukisan Lelang Amal. (Foto: Jurnas/Ira).

Jakarta, Jurnas.com- Pameran Lelang Lukisan Amal "Bhineka Tunggal Ika" yang memamerkan sebanyak 68 lukisan sukses digelar di Djakarta Theater Live, tanggal 27-28 November 2023.

Bukan sembarang lukisan, karena diseleksi secara ketat oleh para kurator profesional dengan range harga pembukaan mulai Rp50 juta hingga Rp2 miliar.

Pameran lelang lukisan karya pelukis Bali, Yogyakarta, Solo dan Surabaya tersebut digelar oleh United in Diversity Foundation (UID) bekerjasama dengan Yayasan Bunga Bali, dan Sanggar Ring Luwur Akasa. Juga didukung Kemenpora, Kemendikbudristek, dan Kemenparekraf.
Hasil lelang akan disalurkan kepada pahlawan olahraga dan seni yang pernah mengharumkan nama Indonesia. Namun tengah mengalami kesulitan finansial.

"Kita dengar mereka tak beruntung di usia tuanya. Ada yang kesulitan berobat, masuk rumah sakit nggak bisa keluar, bahkan ada yang nggak bisa masuk rumah sakit karena BPJSnya nggak berlaku," kata Tantowi Yahya, Presiden UID di Jakarta Theater, Selasa (28/11/2023).

"Semoga hasil lelang dapat membawa perubahan nyata bagi kehidupan mereka," tambah Tantowi Yahya.

Beberapa nama pahlawan seni dan olahraga yang menjadi penerima manfaat antara lain Budiono Sutikno (pemain sepakbola), Mardi Lestari (pelari), Sukardi (penyanyi keroncong), Putu Wijaya (budayawan sastra Indonesia), H. Ukat (penyanyi dangdut Indonesia), dan lain-lain.

Sementara itu, perwakilan dari dari Yayasan Bunga Bali Gde Putu Arya Kusuma mengungkapkan bahwa inisiatif dalam kerja budaya ini berlangsung untuk merayakan kehidupan humanis dalam merawat harmoni berbangsa.

"Pameran lelang lukisan amal ini menghadirkan peristiwa kesenian yang berikhtiar menerjemahkan ke- Indonesiaan dalam perspektif kemajemukan bangsa. Merayakan kehidupan humanis nonsektarian dengan sikap inklusif, setara, dialogis, toleran, dan saling menghormati demi merawat harmoni berbangsa," kata Gde Putu.

Pada penutupan lelang, terkumpul dana sebesar Rp 5.274.000.000 untuk 22 lukisan yang dilelang. Menunjukkan antusiasme masyarakat dalam mendukung para pahlawan seni dan olahraga Indonesia.

Lelang tak hanya berhenti semalam. Karena akan terus digelar secara online hingga tanggal 30 Desember 202

KEYWORD :

Pameran Lelang Lukisan Amal Tantowi Yahya 68 Lukisan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :