Selasa, 21/05/2024 05:03 WIB

Khasiat Jamur Bagi Anak yang Perlu Anda Ketahui

Tak hanya memiliki nilai kalori yang rendah, jamur juga kaya akan protein, serat, vitamin, serta mineral dan antioksidan bagi anak.

Khasiat jamur bagi si kecil ( Foto : Theasianparent )

Jakarta, Jurnas.com - Semua jenis jamur, baik itu Portobello, shiitake, kancing putih atau tiram, sarat dengan nutrisi penting yang baik bagi anak.

Untuk itu, ibu bisa mulai mengenalkan jamur ke dalam makanan anak setelah ia berusia satu tahun dan setelah membicarakan dengan dokter anak. Caranya, jamur bisa dibuat dengan tekstur seperti daging yang juicy dengan rasanya yang khas, dijamin jamur bisa menjadi salah satu makanan favorit Si Kecil. 

Berikut manfaat jamur untuk tumbuh kembang anak :

Meningkatkan asupan vitamin D

Vitamin D merupakan vitamin yang bisa didapatkan melalui paparan sinar matahari. Namun, sayangnya, banyak anak kurang mendapatkan paparan sinar matahari, sehingga mereka rentan kekurangan vitamin yang penting ini. Nah, ibu bisa memenuhi kebutuhan vitamin D Si Kecil dengan memberinya jamur. 

Meningkatkan metabolisme

Jamur kaya akan vitamin B12, fosfor, dan nutrisi penting lainnya yang bisa membuat Si Kecil tetap berenergi sepanjang hari.

Memperkuat imunitas tubuh

Banyak studi menunjukkan bahwa jamur mengandung beberapa biokimia tertentu yang bisa membantu memperkuat sistem imunitas tubuh.

Selain itu, juga mendorong pematangan sistem kekebalan dari sumsum tulang. Hal itu mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi anak dari serangan mikroba.

Kaya zat besi

Zat besi merupakan nutrisi yang sangat penting bagi anak, karena bermanfaat untuk membantu pembentukan sel darah baru. Dengan demikian, pasokan oksigen pun meningkat dan dapat disebarkan ke seluruh tubuh. 

Kaya antioksidan

Jamur menjadi sumber antioksidan yang baik. Nutrisi ini penting bagi anak, karena bisa membantu melawan radikal bebas akibat oksidasi di dalam tubuh, dan juga meningkatkan kesehatan kulit, serta mencegah penyakit.

Kaya kalsium

Nutrisi ini membantu dalam pembentukan dan penguatan tulang. Dengan memberikan jamur untuk anak, ibu dapat memenuhi kebutuhan kalsium anak, sehingga ia bisa tumbuh menjadi anak yang kuat. Kalsium juga merangsang dan mengatur penyerapan zat besi dalam tubuh.

Menjaga kandung kemih

Nutrisi ini bermanfaat untuk melindungi dan menjaga kesehatan sistem ekskresi anak, sistem yang bertugas mengolah dan membuang sisa metabolisme dan racun dari dalam tubuh. Jamur juga menurunkan risiko kandung kemih.

KEYWORD :

Makanan jamur manfaat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :