Rabu, 15/05/2024 14:55 WIB

Mengenali Manfaat Daun Saga, Bisa Obati Batuk

Daun saga memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan. Mulai dari meredakan batuk, pilek dan demam, hingga menambah nafsu makan

Salah satu manfaat daun saga obati batuk ( Foto : Detik.com )

Jakarta, Jurnas.com - Daun saga merupakan bagian dari salah satu jenis tanaman polong yang memiliki khasiat dalam dunia pengobatan tradisional.

Daun saga memiliki sirip ganjil, dan rasa yang agak manis. Saga termasuk tanaman liar yang banyak tumbuh di daerah tropis.

Daun saga dalam dunia pengobatan tradisional sangat populer digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk. Bahkan, beberapa produk obat batuk sudah menggunakan daun ini sebagai bahan pembuatannya. 

Berikut ini manfaat daun saga yang mampu obati berbagai jenis penyakit :

Obat sariawan

Caranya, ambil daun saga dan keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, kunyah daunnya dan usahakan jangan ditelan.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan daun saga sebagai obat kumur. Caranya, rebus 10 gram daun saga dengan 1/2 liter air sampai mendidih. Saring dan gunakan air rebusan untuk berkumur sebanyak 2-3 kali sehari.

Obat batuk

Ini karena daun saga juga memiliki intitusif yang dapat membantu meredakan batuk karena bekerja dengan menghambat daerah koordinasi bagian batang otak, lalu mengubah refleks batuk.

Anda dapat mengonsumsi air rebusan daun saga untuk mengobati batuk dan membuat tenggorokan senantiasa lebih bersih nan lega. Rasa air rebusan daun saga juga manis, sehingga lebih mudah digunakan untuk pengobatan.

Redakan panas dalam

Caranya, cuci bersih sekitar 10-15 daun saga lalu rebus dengan 2 gelas air. Dinginkan, saring dan air rebusan daun saga dapat segera diminum.

Atasi sakit perut

Daun saga digunakan dalam pengobatan tradisional Afrika Timur untuk mengatasi sakit perut dengan cara diolah menjadi jus atau dikonsumsi secara langsung.

Selain itu daun saga juga mampu digunakan untuk mengobati diare berkat sifat antioksidan dan antibakterinya. Air rebusan daun beserta batang saga dapat membantu meredakan diare Anda.

Menambah nafsu makan

Daun saga diketahui mengandung vitamin B yang dapat menambah nafsu dan selera makan Anda.

Untuk itu, air rebusan daun saga juga baik diberikan kepada anak-anak yang susah makan agar nafsu makannya kembali meningkat dan kebutuhan gizinya dapat terpenuhi.

Melawan bakteri jahat

Daun saga diketahui memiliki kandungan senyawa saponin, yang mana senyawa tersebut pada kadar 0,09% berkhasiat sebagai antibakteri.

Dalam daun saga, senyawa saponin didapati berada di kisaran angka 1,19% yang artinya telah melewati batas minimum dan positif.

KEYWORD :

Daun saga manfaat obati batuk




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :