Jum'at, 17/05/2024 09:18 WIB

Khasiat Buah Jarak yang Perlu Anda Ketahui, Salah Satunya untuk Merawat Kulit Jerawat

Jarak adalah salah satu buah yang tumbuh di Indonesiayang memiliki banyak manfaat salah satunya pereda nyeri saat haid

Mengetahui manfaat buah jarak ( Foto : Kompas.com )

Jakarta, Jurnas.com - Jarak merupakan tumbuhan liar yang tumbuh di hutan, tanah kosong, dan pinggiran pantai. Biji buah jarak memiliki banyak manfaat.

Selain bermanfaat untuk bahan bakar minyak, buah jarak terutama bijinya juga bermanfaat bagi kesehatan. Berikut ini penjelasannya yang dilansir laman Stylecraze.

Mengatasi rematik

Biji jarak kaya akan asam oleat, asam risinoleat, asam linoleat dan berbagai jenis asam lemak. Ketiga asam ini sangat bermanfaat dalam mengobati rematik. Minyak yang diekstraksi dari biji-biji ini memiliki sifat penetrasi cepat yang karenanya, ketika Anda menerapkan minyak jarak pada daerah yang terkena, maka Anda mendapatkan bantuan segera. 

Meredakan nyeri haid

Karena bersifat emmenagogue asam risinoleat yang ditemukan dalam minyak biji jarak membuka aliran menstruasi dan meredakan rasa sakit serta kram. Ini efektif dalam menghilangkan rasa sakit yang hebat selama menstruasi dan pembukaan.

Merangsang proses laktasi

Mengandung asam lemak yang terkandung untuk memastikan pasokan susu secara teratur pada ibu menyusui dan meningkatkan jumlah susu saat bayi tumbuh. Namun, Anda harus menggunakan minyak jarak yang telah diekstraksi dari biji jarak melalui proses kompres dingin dan itu juga dalam jumlah yang sangat kecil, atau hal itu bisa merugikan bayi Anda.

Perawatan kulit

Minyak jarak digunakan dalam krim anti-stretch mark yang berbeda untuk mencegah pembentukan stretch mark selama kehamilan atau saat Anda kehilangan berat badan. 

Caranya, adalah celupkan bola kapas ke dalam minyak jarak. Lalu, oleskan langsung ke area yang terkena. Biarkan selama sekitar satu jam, lalu basuh dengan air hangat. Ulangi proses ini dua kali sehari, sekali di pagi hari dan sekali sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat.

Apabila area yang dirawat kecil, Anda bisa menggunakan plester dengan merendamnya dalam minyak jarak dan kemudian menggunakan plester yang direndam pada area yang bermasalah.

Sebagai pelembab

Karena sarat dengan asam lemak, maka minyak jarak akan secara mudah menembus kulit, memberikan bantuan instan dari kulit yang kering dan pecah-pecah. Anda bisa menggunakannya sebagai agen pelembab wajah untuk menghilangkan bercak kering dan menyembuhkan kulit kering.

Anda bisa menggunakannya secara teratur sebagai pelembab. Oleskan beberapa tetes minyak biji jarak pada wajah Anda setiap malam dan biarkan hingga keesokan harinya.

Namun, pastikan bahwa Anda hanya menggunakan sedikit minyak ini karena kandungan asam lemaknya tinggi dibandingkan dengan minyak nabati. 

KEYWORD :

Buah Jarak Manfaatnya Meredakan nyeri haid merawat kulit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :