Sabtu, 27/04/2024 16:52 WIB

Uni Eropa Suarakan Optimisme atas Kesepakatan Transit Biji-bijian Ukraina

Wojciechowski mengatakan eksekutif Uni Eropa menyajikan data untuk menunjukkan dampak yang tepat dari impor pertanian.

Pekerja menyimpan gandum di terminal selama panen jelai di wilayah Odesa, Ukraina, 23 Juni 2022. (Foto: Igor Tkachenko/Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Kepala pertanian Uni Eropa menyatakan optimisme pada Selasa (25/4) bahwa negara-negara tetangga Ukraina akan segera menerima kesepakatan untuk mengizinkan biji-bijian Ukraina memasuki negara mereka untuk diekspor ke tempat lain.

Pekan lalu, Komisi Eropa mengusulkan tindakan darurat untuk gandum, jagung, lobak, biji bunga matahari, dan minyak bunga matahari setelah beberapa negara Eropa tengah mengambil langkah sepihak untuk melarang impor produk makanan dari Ukraina.

Bulgaria, Hongaria, Polandia, Rumania, dan Slovakia menjadi rute transit biji-bijian Ukraina yang tidak dapat diekspor melalui pelabuhan Laut Hitam negara itu karena invasi Rusia pada Februari 2022.

Komisaris Pertanian Eropa, Janusz Wojciechowski mengatakan kesepakatan transit hanya akan mencakup lima produk yang mewakili 80-90 persen impor dan bukan delapan lainnya, termasuk madu, unggas atau susu, yang juga diusulkan oleh tetangga Ukraina.

"Saya pikir kita sangat, sangat dekat untuk mencapai kesepakatan yang baik," katanya dalam konferensi pers setelah pertemuan para menteri pertanian di Luksemburg, menambahkan negara-negara Uni Eropa lainnya juga tampaknya mendukung rencana tersebut.

Komisi sedang bernegosiasi dengan lima negara. Wojciechowski mengatakan eksekutif Uni Eropa menyajikan data untuk menunjukkan dampak yang tepat dari impor pertanian.

Wojciechowski, orang Polandia, mengatakan diskusinya sendiri dengan menteri pertanian Polandia pada hari Selasa menunjukkan posisi mereka sangat dekat.

"Polandia adalah negara pemimpin dari lima negara ini dan sangat dekat untuk menemukan solusi," katanya.

Di bawah proposal tersebut, kelima negara perlu memastikan biji-bijian Ukraina dapat transit ke negara mereka dan petani mereka akan mendapatkan €100 juta (US$109,7 juta) dari dana UE sebagai kompensasi.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Ekspor Biji-bijian Ukraina Uni Eropa Polandia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :