Sabtu, 27/04/2024 15:33 WIB

Barat Disebut Tahu Senjata Ukraina Berakhir di Pasar Gelap

Barat mengetahui perdagangan pasar gelap ini, karena beberapa laporan tentang pengiriman senjata yang hilang bahkan muncul di media AS.

Seorang rekrut Ukraina memegang senjata anti-tank Javelin buatan AS selama pelatihan. (AFP / Daniel Leal)

JAKARTA, Jurnas.com - Jurnalis veteran Amerika Serikat (AS), Seymour Hersh mengklaim bahwa senjata yang dipasok Barat dijual oleh komandan Ukraina kepada penyelundup di Polandia, Rumania, dan negara bagian lain.

Pemenang Hadiah Pulitzer, berbicara kepada Afshin Rattansi dalam programnya `Going Underground,` mengatakan bahwa Barat mengetahui perdagangan pasar gelap ini, karena beberapa laporan tentang pengiriman senjata yang hilang bahkan muncul di media AS.

Hersh mengklaim setelah konflik pecah antara Kiev dan Moskow Februari lalu, Polandia, Rumania, negara-negara lain di perbatasan dibanjiri senjata yang dikirim AS dan sekutunya untuk Ukraina.

"Seringkali, bukan jenderal, melainkan kolonel dan lainnya, yang diberi pengiriman beberapa senjata, (yang) secara pribadi akan menjualnya kembali ke pasar gelap," jelas dia.

Wartawan itu mencatat bahwa ada kekhawatiran di Barat tahun lalu bahwa beberapa senjata yang dikirim ke Ukraina, seperti rudal Stinger yang dapat diluncurkan dari bahu, digunakan untuk menembak jatuh pesawat pada ketinggian yang cukup.

Adapun senjata yang dipasok Barat berakhir di pasar gelap, "CBS menulis cerita tentang itu yang terpaksa mereka tarik kembali," kata Hersh.

Ketika ditanya tentang mengapa artikel itu ditarik kembali, jurnalis tersebut mengatakan bahwa media mendukung sikap pemerintah AS bahwa "kami berada di pihak Ukraina. Kami semua membenci Rusia."

Hersh kemungkinan merujuk pada film dokumenter "Mempersenjatai Ukraina", yang ditayangkan CBS Agustus lalu. Film yang menyertakan klaim pendiri Blue-Yellow, Jonas Ohman, bahwa hanya 30 persen bantuan militer yang benar-benar mencapai garis depan telah dihapus.

Dalam sebuah catatan editor, CBS mengatakan telah mengubah artikel yang diterbitkan dengan film dokumenter tersebut dan bahwa film dokumenter itu sendiri sedang diperbarui.

Pejabat Rusia dalam banyak kesempatan telah memperingatkan tentang penyelundupan senjata yang dipasok Barat ke luar Ukraina, sehingga memperburuk situasi keamanan di tempat lain di seluruh dunia.

"Pasokan militer NATO yang ditujukan untuk rezim Kiev berakhir di tangan teroris, ekstremis, dan kelompok kriminal di Timur Tengah, Afrika Tengah, Asia Tenggara," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova pada Oktober.

Pada saat itu, dia memperkirakan omzet pasar gelap mencapai $1 miliar per bulan.

Investigasi oleh RT musim panas lalu juga mengungkapkan bagaimana berbagai senjata yang dipasok ke Kiev oleh Barat dijual di jaringan gelap.

Para jurnalis dapat dengan cepat bernegosiasi untuk pembelian drone kamikaze buatan AS dengan penyelundup. Namun, tidak mungkin untuk memastikan apakah penjual benar-benar memiliki stok senjata, karena wartawan tidak menyelesaikan pembelian.

Sumber: RT

KEYWORD :

Polandia Rumania Pasar Gelap Bantuan Senjata Ukraina Seymour Hersh Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :