Jum'at, 19/04/2024 20:07 WIB

Larangan TikTok di Montana Disebut Tidak Konstitusional

Chew mengatakan perusahaannya telah bekerja dengan Oracle untuk menyimpan data pengguna AS yang disimpan di Negeri Paman Sam itu.

Kebijakan baru Tiktok peduli keselamatan Mental Anak. (Foto: bbc.co.uk)

JAKARTA, Jurnas.com - CEO TikTok, Shou Zi Chew mengatakan, larangan TikTok di Montana, negara bagian Amerika Serikat (AS), tidak konstitusional. Dia yakin perusahaannya akan menang dalam gugatan yang menantang keputusan tersebut.

Perusahaan milik China mengajukan gugatan pada Senin (22/5) terhadap keputusan Montana untuk melarang TikTok beroperasi di negara bagian itu untuk melindungi penduduk dari dugaan pengumpulan intelijen oleh China.

"Kami percaya bahwa RUU Montana yang baru saja disahkan tidak konstitusional," kata Chew kepada Forum Ekonomi Qatar yang diselenggarakan oleh Bloomberg.

Anggota parlemen AS dan pejabat pemerintah negara bagian telah menyerukan larangan nasional pada aplikasi berbagi video, yang digunakan oleh lebih dari 150 juta orang Amerika, karena kekhawatiran tentang potensi pengaruh pemerintah China atas platform tersebut.

"Pemerintah China tidak pernah meminta kami untuk data pengguna AS dan kami tidak akan memberikan bahkan jika diminta," kata Chew.

Chew mengatakan perusahaannya telah bekerja dengan Oracle untuk menyimpan data pengguna AS yang disimpan di Negeri Paman Sam itu. "Hari ini secara default, semua data AS sudah disimpan di layanan cloud Oracle," katanya.

"Kami telah membangun selama dua tahun terakhir sesuatu yang kami sebut secara internal `Project Texas`, yang memastikan bahwa data Amerika disimpan di tanah Amerika oleh perusahaan Amerika dan diawasi oleh personel Amerika," tambah Chew.

Pada bulan Maret, komite kongres bertanya kepada Chew tentang apakah pemerintah China dapat mengakses data pengguna atau memengaruhi apa yang dilihat orang Amerika di aplikasi tersebut.

Tetapi seruan untuk melarang TikTok secara nasional atau memberi pemerintahan Biden kekuatan baru untuk menindak atau melarang TikTok belum diajukan di Kongres.

Montana dapat mengenakan denda $10.000 untuk setiap pelanggaran oleh TikTok dan denda tambahan $10.000 per hari jika melanggar larangan tersebut. Undang-undang tidak memberikan hukuman kepada pengguna TikTok individu.

Hingga kini belum jelas bagaimana Montana akan memberlakukan larangan TikTok.

Sumber: Reuters

KEYWORD :

Larangan TikTok Shou Zi Chew Amerika Serikat Montana




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :