Kamis, 16/05/2024 04:45 WIB

Ini Daftar Juara Lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional 2022

Ini Daftar Juara Lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional 2022

Pengumuman pemenang lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional (PSMN) 2022 (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional (PSMN) 2022 yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek, di Universitas Tarumanagara (Untar) sebagai tuan rumah, akhirnya ditutup pada Selasa (18/10) malam.

Dalam ajang talenta bergensi ini, Universitas Indonesia (UI) keluar sebagai juara pertama, disusul oleh Universitas Negeri Yogyakarta juara kedua, Universitas Sebelas Maret juara ketiga, Universitas Brawijaya juara harapan kedua, dan Institut Pertanian Bogor juara harapan pertama.

Selain itu, juga ada penghargaan khusus dua tim, yaitu kepada Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong, Papua Barat untuk kategori `Peserta dengan Penuh Perjuangan`, dan Universitas Tarumanagara untuk kategori `Peserta dengan Kostum Terunik Batik Pesona Indonesia`.

Kepala Balai Pengembangan Talenta Indonesia sekaligus Plt Kepala Puspresnas Kemdikbudristek, Asep Sukmayadi mengatakan bahwa PSMN merupakan wujud pelaksanaan Merdeka Belajar dalam ekspresi seni budaya.

"Ini akan terus kita perkuat dan kita pertahankan. Kita meyakini bahwa ini merupakan pengalaman yang berharga yang bisa adik-adik raih," kata Asep dalam acara penutupan PSMN 2022 di Kampus Untar, Jakarta.

"Pengalaman ini akan tertanam baik di hati dan benak adik-adik. Ini tentu menambah energi kita semua untuk bisa menyelenggarakan kegiatan lebih meriah di tahun berikutnya," imbuh dia.

Asep juga mengapresiasi Universitas Tarumanagara yang bertindak sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan lomba Paduan Suara Mahasiswa Nasional tahun.

"Terima kasih kepada Universitas Tarumanegara yang menjadi tuan rumah penyelenggara di tahun ini," tambah dia.

Diketahui, sebelum terpilih 21 tim sebagai finalis yang tampil di Universitas Tarumanagara, 112 tim paduan suara dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia terlebih dahulu harus melewati babak penyisihan yang berlangsung sejak Agustus lalu.

"Kebersediaan Untar dalam memfasilitasi berbagai kegiatan baik yang bertaraf nasional maupun internasional adalah sebagai bentuk kontribusi bagi Indonesia. Untar yang memasuki usia 63 tahun ingin lebih berperan dalam berbagai aktivitas pendidikan di tanah air," kata Rektor Untar Agustinus Purna Irawan saat membuka PSMN 2022.

Wakil Rektor 1 Universitas Tarumanagara, Rasji juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Menurut dia, seluruh peserta adalah pemenang.

"Semoga iven ini bisa menjadi ajang silaturahmi dan jejaring kita untuk ke depannya kita bisa membangun kolaborasi dalam banyak hal. Untuk peserta yang dinyatakan sebagai pemenang, pimpinan Universitas mengucapkan selamat. Sesungguhnya semuanya adalah pemenang," ujar Rasji.

Penanggung jawab acara dari Universitas Tarumanagara, Adianto, menyampaikan bahwa para finalis yang lolos ke Jakarta, mengikuti serangkaian kegiatan sejak 15 Oktober 2022 lalu, mulai dari persiapan, talkshow, hingga penampilan seni.

"Kemenangan ini tidak selalu menjadi suatu tujuan utama, tetapi untuk networking, mengembangkan kerjasama, mengembangkan MBKM, dan terus berkolaborasi," bterang Adianto.

Bukan hal yang mudah menilai penampilan para finalis menurut keterangan Sudibyo selaku Ketua Dewan Juri. Dia mengatakan, juri bahkan harus memperhatikan detail-detail untuk memberikan nilai akhir, karena persembahan para peserta sangat baik.

"Dalam suatu kompetisi, kalah menang luar biasa. Anda hadir di tempat ini, anda adalah yang terbaik di Indonesia," pesan Sudibyo.

Musikus sekaligus komponis kawakan Tanah Air, Purwacaraka yang hadir sebagai juri juga mengungkapkan hal senada. Menurut dia, ajang semacam ini harus dilaksanakan secara kontinyu, guna memupuk kecintaan terhadap seni dan budaya Indonesia.

"Kegiatan kesenian dan kebudayaan dalam konteks pendidikan itu memiliki dua mata. Pertama, talenta itu sendiri dari masing-masing individu atau kelompok yang dikembangkan lewat UKM. Kedua, dampak dari kegiatan itu kepada mahasiswa siapapun mahasiswanya. Itu akan jadi dampak baik untuk dirinya dalam kehidupan kampus," tutup Purwacaraka.

KEYWORD :

Paduan Suara Mahasiswa Nasional PSMN 2022 Universitas Tarumanagara Kemdikbudristek




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :