Sabtu, 20/04/2024 00:32 WIB

Kemdikbudristek Luncurkan Program Penguatan Vokasi Kampus Swasta

Kemdikbudristek Luncurkan Program Penguatan Vokasi Kampus Swasta

Dirjen Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek, Kiki Yuliati (Foto: Muti/Jurnas.com)

Jakarta, Jurnas.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melalui Direktorat Kelembagaan dan Sumber Daya Pendidikan Tinggi Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek), resmi meluncurkan Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi pada Perguruan Tinggi Swasta (PPPTV-PTS) tahun ini.

"Saya memiliki harapan besar bahwa program ini mampu menjadi enabler bagi perguruan tinggi swasta penyelenggara pendidikan vokasi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan mengimplementasikan MBKM pada institusinya," tutur Dirjen Diksi, Kiki Yuliati, pada Selasa (23/05/2023) lalu.

Dalam paparannya, Kiki menyampaikan bahwa sejarahnya, program PPPTV-PTS tidak lahir begitu saja. Bermula sejak 15 tahun lalu melalui program PTS-Sehat pada tahun 2008, kemudian berkembang menjadi Program Hibah Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PHP-PTS) pada tahun 2010.

Tidak berhenti sampai di situ, pada 2015 program ini berkembang menjadi Program Pembinaan Perguruan Tinggi Swasta (PP-PTS). Hingga terbentuklah program PPPTV-PTS pada 2020.

Dengan demikian, tahun 2023 merupakan tahun ke-4 Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menyelenggarakan PPPTV-PTS. Dimulai pada tahun 2020, secara berurutan program ini telah memberikan manfaat kepada 47 PTS (2020), 116 PTS (2021), dan 54 PTS (2022).

Sebagai program bantuan pemerintah yang sudah terselenggara cukup lama, tentu saja program ini telah memberi manfaat kepada banyak perguruan tinggi swasta, untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang bermuara pada peningkatan akreditasi program studi dan perguruan tinggi. Program ini juga merupakan salah satu faktor pengungkit kepatuhan pelaporan pada PD-DIKTI.

Dia mengimbau agar PTS penyelenggara pendidikan vokasi dapat melahirkan inovasi dengan adanya program bantuan dana ini. "Program ini dapat mendorong PTS untuk melakukan inovasi pembelajaran dalam kaitannya dengan MBKM dan mengimplementasikan kerja sama kolaboratif dengan mitra industri," tegas dia.

Program studi yang dapat ditingkatkan mutunya melalui PPPTV-PTS 2023 adalah pendidikan vokasi program diploma empat/sarjana terapan dan/atau diploma tiga. Registrasi program ini dapat dimulai pada 1-30 Juni 2023.

KEYWORD :

Ditjen Dikti Vokasi Kemdikbudristek Kiiki Yuliati




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :