Jum'at, 26/04/2024 07:55 WIB

Pemilik Manchester City Akuisisi Palermo, Berapa Harganya?

Pemilik Manchester City Akuisisi Palermo, Berapa Harganya?

Manchester City (Foto: LinkedIn)

London, Jurnas.com - Perusahaan holding yang berstatus sebagai pemilik raksasa Liga Premier Manchester City, City Football Group (CGF), akan menyelesaikan kesepakatan pembelian klub Italia, Palermo.

Dikutip dari Goal pada Sabtu (2/7), CFG telah mengadakan pembicaraan dengan klub Serie B tersebut untuk dijadikan sebagai klub ke-11 dalam portofolio mereka. Tokoh senior CFG juga membahas kemungkinan kesepakatan untuk klub Sisilia pada akhir musim lalu.

Palermo mengalami kesulitan keuangan dalam beberapa tahun terakhir dan bangkrut pada 2019, sebelum akhirnya direformasi di tingkat keempat sepak bola Italia. Menurut laporan, pembelian 80 persen saham Palermo akan menelan biaya antara €12 juta hingga €13 juta.

Meskipun sempat berada di Serie C, Palermo terbukti berhasil menarik lebih dari 31.000 penonton untuk pertandingan play-off akhir musim pada Mei dan Juni lalu.

Palermo mencapai tiga final Coppa Italia dalam sejarah mereka, dan pemain yang telah tampil untuk klub dalam beberapa tahun terakhir termasuk Paulo Dybala, Javier Pastore, dan Edinson Cavani.

Sementara itu, CFG telah memiliki 10 tim di empat benua termasuk tim MLS New York City FC. Klub CFG lainnya ialah Girona di Spanyol, Troyes di Prancis, dan Lommel di Belgia di mana City sering mengirim pemain pinjaman untuk mendapatkan pengalaman.

CFG juga memiliki klub Australia Melbourne City, Montevideo City Torque di Uruguay, Mumbai City di India dan Sichuan Jiuniu di China serta menjadi pemegang saham minoritas klub Jepang Yokohama F. Marinos.

CFG mayoritas dimiliki oleh konglomerat Abu Dhabi Sheikh Mansour, dengan kepemilikan saham minoritas yang signifikan dipegang oleh Silver Lake dan China Media Capital.

KEYWORD :

Manchester City Palermi CFG Akuisisi Klub




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :