Jum'at, 26/04/2024 07:12 WIB

Selamat! Uhamka Sukses Raih Akreditasi Unggul

Selamat! Uhamka Sukses Raih Akreditasi Unggul

Kampus Uhamka (Foto: Ist/Dok. Humas)

Jakarta, Jurnas.com - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) sukses meraih predikat kampus terakreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), berdasarkan surat keputusan No. SK. 290/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/VI/2022.

Pencapaian ini bertepatan dengan wisuda magister, sarjana dan ahli madya Uhamka Tahun 2022 Gelombang 2 bertajuk `Profethic University untuk Generasi Unggul di Era Digital` di Balai Sidang Jakarta Conventional Center (JCC) pada Selasa (28/7).

Sebelumnya, Uhamka meraih akreditasi Unggul untuk Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).

Rektor Uhamka, Gunawan Suryoputro menyampaikan rasa syukur dan apresiasi setinggi-setingginya atas pencapaian yang telah diraih. Menurut dia, hal ini merupakan hasil kolaborasi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan stakeholder Uhamka.

"Alhamdulillah. Hari ini tepat dihadiri yang berbahagia melepas Hamka muda melanjutkan cita-citanya, kita mendapat kado istimewa bahwa Uhamka dinyatakan terakreditasi Unggul," kata Gunawan dalam sambutannya.

"Terima kasih atas doa dan kerja keras bapak ibu dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan juga semua keluarga besar Uhamka. Semoga Allah membalas kebaikan dan semangat kita semua," imbuh Gunawan.

Gunawan menambahkan, dari 2.887 Universitas yang ada di Indonesia dan terdaftar di BAN-PT, hanya 31 Universitas yang terakreditas Unggul, salah satunya Uhamka.

Untuk diketahui akreditasi Unggul adalah capaian tertinggi bagi universitas di Indonesia, yang memiliki mutu dan dilakukan penilaian oleh BAN-PT dengan memperhatikan sembilan kriteria visi, misi, tujuan dan sasaran; tata pamong, tata kelola dan kerjasama; mahasiswa; sumber daya manusia; keuangan, sarana, dan prasarana; pendidikan; penelitian; pengabdian kepada masyarakat; luaran dan capaian tridharma.

Raihan akreditasi Unggul juga menjadi bukti dari berbagai macam prestasi Uhamka, di antaranya Perguruan Tinggi Islam terbaik di DKI Jakarta, Peringkat 1 versi impact Webomatrics dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aiysiyah se Indonesia-Malaysia. Kemudian Uhamka juga menjadi Top 5 dari Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

KEYWORD :

Uhamka Akreditasi Unggul Gunawan Suryoputro




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :