Kamis, 16/05/2024 00:23 WIB

Nike dan IKEA Tutup Toko Rusia

IKEA mengatakan akan menutup gerai di Rusia dan sekutu Rusia Belarusia, mempengaruhi 15.000 pekerja, dan menggambarkan penutupannya dalam istilah non-politik.

Logo IKEA (Reuters)

JAKARTA, Jurnas.com - Pembuat sepatu, Nike dan perusahaan perabot rumah tangga, IKEA menutup toko di Rusia pada Kamis. Penutupan dilaukan di tengah pembatasan perdagangan dan penutupan pasokan menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

 

IKEA mengatakan akan menutup gerai di Rusia dan sekutu Rusia Belarusia, mempengaruhi 15.000 pekerja, dan menggambarkan penutupannya dalam istilah non-politik.

"Perang memiliki dampak kemanusiaan yang besar dan mengakibatkan gangguan serius pada rantai pasokan dan kondisi perdagangan, itulah sebabnya kelompok perusahaan memutuskan untuk menghentikan sementara operasi IKEA di Rusia," kata IKEA dalam sebuah pernyataan.

Nike Inc mengatakan sangat terganggu oleh krisis yang menghancurkan di Ukraina. "Mengingat situasi yang berkembang pesat, dan meningkatnya tantangan dalam menjalankan bisnis kami, Nike akan menghentikan operasi di Rusia," katanya.

 

Sanksi Barat, termasuk menutup beberapa bank Rusia dari jaringan keuangan global SWIFT, kontrol ekspor baru, dan penutupan ruang udara, menyebabkan puluhan perusahaan global menghentikan sementara operasi di negara itu, memukul rubel dan memaksa bank sentral untuk mendongkrak suku bunga.

Pengecer mode Spanyol Mango mengatakan pada Kamis bahwa mereka menutup sementara toko dan situs penjualan online di Rusia, dan perusahaan Spirits Diageo, pembuat vodka Smirnoff dan Guinness, mengatakan telah menghentikan ekspor ke Ukraina dan Rusia.

Accenture mengatakan akan menghentikan bisnisnya di Rusia, yang memiliki hampir 2.300 karyawan.

Inggris mengatakan pada hari Kamis akan melarang perusahaan Rusia dari pasar asuransi London, pusat asuransi komersial dan khusus terbesar di dunia.

Ratusan tentara Rusia dan warga sipil Ukraina telah tewas dan lebih dari satu juta orang telah meninggalkan Ukraina dalam seminggu sejak Presiden Vladimir Putin memerintahkan serangan itu.

Rusia menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi khusus" yang dikatakan tidak dirancang untuk menduduki wilayah tetapi untuk menghancurkan kemampuan militer tetangga selatannya dan menangkap apa yang dianggapnya sebagai nasionalis berbahaya.

 

KEYWORD :

IKEA Nike Invasi Rusia Ukraina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :