Sabtu, 11/05/2024 02:58 WIB

Prancis Selidiki Kematian Ratusan Ribu Ikan Cod

Rekaman video yang difilmkan oleh aktivis lingkungan menunjukkan ratusan ribu ikan sirih biru yang merupakan spesies dari keluarga cod, mengambang di permukaan laut.

Ratusan ikan mati mengambang di Prancis (Foto: BBC)

Paris, Jurnas.com - Menteri Perikanan Prancis, Annick Girardin menyerukan digelarnya penyelidikan, pasca ditemukan lebih dari 100.000 ikan cod mati di lepas pantai Atlantik.

Rekaman video yang difilmkan oleh aktivis lingkungan menunjukkan ratusan ribu ikan sirih biru yang merupakan spesies dari keluarga cod, mengambang di permukaan laut.

Dikutip dari BBC pada Sabtu (5/2), kelompok lingkungan Sea Shepherd France memfilmkan ikan itu pada Kamis lalu. Mereka mengatakan bangkai ikan menutupi area seluas sekitar 3.000 meter persegi (32.300 kaki persegi).

Kepala Sea Shepherd France, Lamya Essemlali, melaporkan kepada Reuters bahwa mereka ingin "meningkatkan kesadaran di antara masyarakat Prancis" tentang kapal pukat, yang telah dilarang dari perairan Australia dan sering dikunjungi di Teluk Biscay.

Komisaris Uni Eropa untuk Lingkungan, Kelautan dan Perikanan, Virginijus Sinkevicius, juga meminta "informasi dan bukti lengkap tentang kasus ini".

Asosiasi Pelagic Freezer-Trawler mengeluarkan pernyataan yang mengatakan jaring Margiris, kapal pukat super terbesar kedua di dunia, pecah pada pukul 05.50 Kamis pagi. Lembaga itu menambahkan bahwa ini adalah "kejadian yang sangat langka".

"Sesuai dengan undang-undang UE, ini telah dicatat dalam buku catatan kapal dan dilaporkan ke otoritas negara bendera kapal, Lithuania," ujar dia.

KEYWORD :

Ikan Cod Kapal Pukat Prancis Annick Gerardin




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :