Jum'at, 26/04/2024 11:06 WIB

Prancis Dilaporka Bekerja Sama Rusia dalam Proyek Buklir

Isu partisipasi Framatome dalam pembangunan proyek tersebut telah dibahas secara luas bulan lalu.

Ilustrasi pembangkit listrik tenaga nuklir (Paks II. Zrt)

JAKARTA, Jurnas.com - Kementerian Transisi Energi Prancis  mengizinkan Framatome, anak perusahaan energi nuklir Électricité de France (EDF), untuk berpartisipasi dalam pembangunan dua reaktor di pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN)Paks-2 Hungaria bersama raksasa nuklir Rusia Rosatom.

Menurut laporan Le Monde pada Kamis (27/4), isu partisipasi Framatome dalam pembangunan proyek tersebut telah dibahas secara luas bulan lalu dalam pertemuan antara Presiden Prancis Emmanuel Macron dan Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban. Masalah ini kontroversial karena sanksi Uni Eropa terhadap Rusia.

"Namun, sampai saat ini, sanksi Eropa tidak menargetkan industri nuklir (Rusia). Jika aktor Prancis ingin menjalin kemitraan dengan aktor Eropa lainnya, kami tidak akan mencegah mereka melakukannya," kata seorang sumber yang dekat dengan Agnès Pannier-Runacher, Menteri Transisi Energi Prancis, kepada surat kabar tersebut.

"Pemain Prancis di industri nuklir mendukung mitra Eropa kami, dan khususnya Hongaria, dalam semua pendekatan mereka dan dalam semua proyek yang mereka lakukan di tanah mereka selama mereka benar-benar menghormati kerangka sanksi internasional Eropa," t ambah sumber itu.

Sumber Le Monde mencatat bahwa Paris dan Budapest memiliki kepercayaan kuat pada energi nuklir meskipun ada ketidaksepakatan tentang masalah lain dalam agenda Uni Eropa. Framatome menolak mengomentari laporan tersebut.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Hongaria, Peter Szijjarto mengatakan, negaranya mungkin meningkatkan peran Framatome Prancis dalam proyek tersebut, menyusul masalah dengan pemasok lain, Siemens Energy dari Jerman. Kedua perusahaan telah dikontrak untuk memasok sistem kontrol reaktor baru di Paks-2 sebagai bagian dari konsorsium Prancis-Jerman.

Namun, partisipasi Siemens dalam proyek tersebut saat ini diblokir oleh Berlin dalam konteks sanksi terkait Ukraina dan penghapusan nuklir Jerman yang sedang berlangsung. Siemens Energy baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa permohonan izin ekspornya untuk memasok teknologi dan peralatan ke Paks-2 masih tertunda.

Proyek Paks-2 diluncurkan pada 2014 berdasarkan kesepakatan antara Hongaria dan Rusia. Ini membayangkan pembangunan dua reaktor nuklir oleh Rosatom dan pinjaman negara Rusia untuk membiayai sebagian besar proyek.

Empat reaktor yang ada di Paks dihidupkan antara tahun 1982 dan 1987, dan menghasilkan sekitar separuh listrik negara.

Sumber: RT

KEYWORD :

Prancis Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Uni Eropa Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :