Kamis, 25/04/2024 13:11 WIB

Siswa SMK Ternate Lolos Kompetisi WSC di Prancis

SMK Negeri 2 Kota Ternate berhasil mengirimkan salah satu siswanya mengikuti World Skill Competition (WSC) 2024, yang bakal berlangsung di Prancis.

SMK Negeri 2 Kota Ternate (Foto: Muti/Jurnas.com)

Ternate, Jurnas.com - SMK Negeri 2 Kota Ternate berhasil mengirimkan salah satu siswanya mengikuti World Skill Competition (WSC) 2024, yang bakal berlangsung di Prancis.

Firman Saleh, yang pernah memenangi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat nasional ini terpilih dalam seleksi yang digelar PT Denso Indonesia untuk mewakili Indonesia di WSC 2024 di bidang Computer Numerical Control (CNC) Miling.

"Diundang dari PT Denso Indonesia seleksi di Solo. Seleksinya itu bikin produk, kayak bikin semut, botol, dan lain-lain," terang Firman saat ditemui di sela-sela Press Tour Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) di SMKN 2 Kota Ternate, Maluku Utara pada Jumat (28/4).

Guna mempersiapkan kompetisi tersebut, Firman kini memperoleh pelatihan terpusat di Bekasi, Jawa Barat selama beberapa bulan. Dia berlatih membuat produk baik berbahan dasar besi maupun alumnium secara presisi, sesuai deskripsi teknis yang diberikan oleh para pelatih.

"Penilaiannya di ukurannya. Sesuai toleransi yang mereka kasih atau enggak. Harus presisi," ujar siswa kelas XII Bidang Teknik Permesinan ini.

Plh. Kepala SMKN Negeri 2 Kota Ternate, Udin Radjabesy menyebut pencapaian Firman tak lepas dari pengembangan SMKN 2 Ternate menjadi SMK Pusat Keunggulan (PK). Kemitraan (link and match) yang terjalin dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) mendorong siswa mendapatkan kompetensi sesuai dengan bidang keahlian.

"Kami memperoleh bantuan peralatan, sehingga dari program sudah bekerja sama dengan DUDI, dan sudah ada penyelarasan dengan DUDI," ujar Udin.

"Harapan kami, output SMK Pk ini bisa memperoleh kompetensi sesuai dengan bidang keahlian," tutup dia.

KEYWORD :

SMKN 2 Ternate WSC 2024 Prancis SMK PK




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :