Sabtu, 27/04/2024 15:07 WIB

Pabrik AQUA Raih Anugerah PROPER Hijau 2016

Pada tahun ini, sebanyak 172 perusahaan dari berbagai industri mendapatkan PROPER Hijau dari 443 yang menyerahkan dokumen hijau.

Sepuluh perwakilan pabrik Aqua yang memperoleh Penghargaan proper hijau

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia menyerahkan Anugerah PROPER Hijau 2016 kepada Aqua Grup atas implementasi sistem produksi bersih dan program keanekaragaman hayati serta pemberdayaan masyarakat yang melebihi standar yang telah ditetapkan. Ada 10 pabrik AQUA yang mendapatkan penghargaan tersebut, yaitu pabrik Mekarsari, Pabrik Babakan Pari, Pabrik VIT Citereup, Pabrik AGM Citereup, Pabrik Lampung, Pabrik Wonosobo, Pabrik Mambal, Pabrik Pandaan, Pabrik Airmadidi dan Pabrik Klaten.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah yang memberikan Anugerah Proper Hijau 2016 kepada 10 pabrik kami. Sebagai warga korporasi yang bertanggung jawab (Good Corporate Governance), kami menaati seluruh peraturan pemerintah termasuk dalam kinerja lingkungan," kata Vice President General Secretary AQUA Grup Leila Djafaar di Jakarta, Rabu (7/12/2016).

Proper Hijau juga memperlihatkan upaya Aqua dalam berkontribusi pada pengelolaan keanekaragaman hayati dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia. Selain kepatuhan terhadap peraturan dan standar pemerintah mengenai kinerja lingkungan, perusahaan asal Prancis itu juga melakukan inisiatif melebihi yang dipersyaratkan sebagai bentuk kontribusi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar.

"Penghargaan ini juga merupakan bentuk kerja keras karyawan kami dan komitmen manajemen dalam peningkatan pengelolaan lingkungan," tambah Leila.

Setiap tahunnya, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melakukan penilaian PROPER yang bertujuan mendorong perusahaan-perusahaan di Indonesia untuk taat terhadap peraturan lingkungan hidup dan mencapai keunggulan lingkungan (Environmental Excellency).

Penilaian Proper dimulai dari diterapkannya integrasi prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam proses produksi dan jasa, penerapan sistem manajemen lingkungan, 3R (Reduce, Reuse, Recycle), efisiensi energi, konservasi sumber daya dan pelaksanaan bisnis yang beretika serta bertanggung jawab terjadap masyarakat melalui program pengembangan masyarakat.

Peringkat kinerja PROPER dibedakan menjadi lima warna yaitu Emas, Hijau, Biru, Merah dan Hitam.  Untuk aspek ketaatan adalah Biru, Merah dan Hitam.  Sedangkan kriteria penilaian aspek lebih yang dipersyaratkan (beyond compliance) adalah Hijau dan Emas.

Menurtnya, AQUA Grup adalah perusahaan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) pertama di Indonesia yang terpilih untuk diaudit kinerja lingkungan dan program pemberdayaan masyarakatnya sebagai persyaratan dari PROPER Hijau. Audit dilakukan sejak 2011 terhadap pabrik AQUA Grup yang terpilih.

Pada tahun ini, sebanyak 172 perusahaan dari berbagai industri mendapatkan PROPER Hijau dari 443 yang menyerahkan dokumen hijau.  Sebanyak 1422 perusahaan yang mengikuti uji PROPER ini dari seluruh Indonesia.  Dalam kategori industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) sepuluh pabrik AQUA Grup yang meraih penghargaan ini menempati 10 peringkat teratas dalam penilaiannya.

KEYWORD :

Aqua proper hijau




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :