Senin, 29/04/2024 05:50 WIB

PT Tirta Investama Klaten Perkuat Silaturami Penerima Manfaat Pemberdayaan Masyarakat

Kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi untuk bersama-sama mensyukuri kolaborasi yang sudah terbangun demi mendukung kemajuan Klaten dari segi sosial kemasyarakatan, lingkungan, dan penguatan ekonomi.

PT Tirta Investama menggelar kegiatan silaturahmi dan buka bersama dengan masyarakat penerima manfaat dan jurnalis. (Foto: Ist)

JAKARTA, Jurnas.com – Produsen produk minuman PT Tirta Investama AQUA Klaten mengadakan silaturahmi dan buka bersama dengan penerima manfaat pemberdayaan masyarakat dan para jurnalis.

Kegiatan ini sebagai wadah silaturahmi untuk bersama-sama mensyukuri kolaborasi yang sudah terbangun demi mendukung kemajuan Klaten dari segi sosial kemasyarakatan, lingkungan, dan penguatan ekonomi.

Salah satu penerima manfaat, Joko Susanto, petani Gumuk, Mriyan, Boyolali menceritakan upaya konservasi Anggrek Merapi selain konservasi, petani juga diberi pengetahuan mengoptimalkan Instalasi Panen Air Hujan

"Kami bertahan di kemarau dengan mengandalkan tandon panen air hujan," kata Joko. "Untuk pembuatan sumur di daerah hulu tidak dimungkinkan karena tingkat kedalamannya."

 

Di wilayah Sub DAS Pusur bagian hulu, tepatnya di tenggara Gunung Merapi AQUA Klaten menggandeng Masyarakat menjaga daerah resapan dengan menanam pohon lebih dari 141.000 pohon yang tumbuh dan termonitor secara daring dengan geotagging.

Bersama masyarakat juga mengembangkan Sistem Panen Air Hujan sebanyak 141 unit untuk memastikan masyarakat di hulu yang menjaga ketersediaan air juga mendapatkan akses air bersih yang memadai.

Stakeholder Relation Manager AQUA KlatenRama Zakaria mengatakan, inisiasi revitalisasi Jogo Toya yang melibatkan tujuh desa untuk menjaga dan memelihara saluran irigasi. Aktivitas juga didukung oleh pemerintah, TNI dan Polri dan elemen Masyarakat yang lain.

"Air adalah sumber kehidupan yang harus dikelola dan dimanfaatkan secara bijak. Kami mengajak semua pemangku kepentingan untuk bergerak bersama dalam upaya pengelolaan dan pemanfaatan air," ujar dia.

Sistem Kelola air dengan model Jogo Toya ini mampu mengairi 300 hektare sawah dari 569 hektare persawahan yang sebelumnya tidak produktif karena tidak mendapatkan aliran irigasi.

Selain itu, normalisasi 3.581 meter dari total 12.500 meter saluran irigasi sekunder dan tersier yang disebabkan karena sedimentasi, memfungsikan 22 pintu air dari total 102 pintu air yang rusak. Aktivitas ini telah menjangkau 686 petani yang tergabung dalam 14 kelompok tani.

Plant Director AQUA Klaten, Novan Yulianto menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada lembaga swasta mitra pelaksana program, media, tokoh masyarakat dan jajaran pemerintahan di Kabupaten Klaten mulai dari tingkat desa, kecamatan dan seluruh OPD.

"Kami telah menjadi warga Klaten selama 21 tahun, bersama 800 karyawan dari desa sekitar, kami terus berkomitmen untuk melakukan yang terbaik dalam operasional kami, dan bisa memberi manfaat ekonomi, sosial dan lingkungan kepada semua pihak yang pada akhirnya berdampak kepada kemajuan Klaten," tutup Novan.

Sebagai informasi, kegiatan ini diawali dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat sekitar pabrik. Dilanjutkan buka bersama melibatkan forkopimca Polanharjo dan perangkat dari 18 desa di Kecamatan Polanharjo.

Buka Bersama ditutup dengan diskusi singkat penerima manfaat dari hulu sampai hilir yang menyampaikan manfaat dari kolaborasi semua pemangku kepentingan yang ada baik dari AQUA Klaten, pemerintah, akademisi, jurnalis, dan komunitas.

KEYWORD :

PT Tirta Investama AQUA Klaten Rama Zakaria Revitalisasi Jogo Toya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :