Kamis, 25/04/2024 12:20 WIB

Eks Pemimpin Jihad Islam Palestina Meninggal Dunia

Mantan pemimpin kelompok militan Jihad Islam Palestina, Ramadhan Shallah, meninggal dunia pada Sabtu (6/6), setelah berjuang melawan penyakit.

Ramadhan Shallah (Foto: Al-Arabiya)

Yerusalem, Jurnas.com - Mantan pemimpin kelompok militan Jihad Islam Palestina, Ramadhan Shallah, meninggal dunia pada Sabtu (6/6), setelah berjuang melawan penyakit.

Kabar kematiannya yang dilaporkan oleh Al-Manar tidak menyebutkan secara pasti penyakit apa yang merenggut nyawa Shallah.

Sebagaimana diketahui, Shallah (62) menjabat sebagai sekretaris jenderal dari kelompok yang didukung Iran tersebut mulai dari 1995 hingga 2018.

Dicap sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat, Uni Eropa, dan negara lainnya, kelompok Jihad Islam Palestina melancarkan serangan terhadap Israel, dan bertujuan untuk mendirikan negara Islam Palestina.

"Dengan kehilangan Shallah, kami kehilangan orang nasional yang hebat," kata Presiden Palestina Mahmoud Abbas dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan oleh kantor berita resmi Palestina WAFA.

Shallah lahir di Gaza pada 1958 dan belajar di Mesir sebelum mendapatkan gelar Ph.D dalam bidang ekonomi di Inggris.

Dia terpilih sebagai kepala Jihad Islam Palestina setelah pembunuhan mantan kepala kelompok itu, Fathi Shiqaqi, pada 1995 silam.

KEYWORD :

Jihad Islam Palestina Ramadhan Shallah




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :