Sabtu, 27/04/2024 09:53 WIB

58 Persen Produk Makanan di Kanada Terbuang

Organisasi penyelamat makanan menyebutkan bahwa sekitar 58 persen dari semua makanan yang diproduksi setiap tahun di Kanada hilang atau terbuang.

Ilustrasi makanan sehat yang dapat memperbaiki suasa hati.

Jakarta - Organisasi penyelamat makanan menyebutkan bahwa sekitar 58 persen dari semua makanan yang diproduksi setiap tahun di Kanada hilang atau terbuang.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Second Harvest yang berbasis di Toronto, sekitar 35,5 juta ton telah hilang atau terbuang dari 61,2 juta ton makanan yang diproduksi dalam setahun di negara tersebut.

Laporan berjudul "Krisis Limbah Makanan yang Dihindari" menunjukkan bahwa 32 persen, atau sekitar 11,2 juta ton makanan yang terbuang dapat dihindari setiap tahun melalui pengalihan makanan yang dapat dimakan untuk mendukung masyarakat yang membutuhkan di Kanada.

"Tingkat limbah makanan tertinggi terjadi selama fase pemrosesan dan pembuatan, yang membuat 4,82 juta ton makanan keluar dari rantai pasokan, yang setara dengan hampir 21 miliar dolar Kanada ($ 15,8 miliar)," bunyi laporan tersebut dilansir aa.

Sementara itu, 2,38 juta ton makanan - berjumlah sekitar 10,37 miliar dolar Kanada ($ 7,8 miliar) - telah terbuang sia-sia di konsumen (ritel, hotel, restoran dan tingkat institusi).

Berdasarkan nilai konsumen makanan, nilai makanan yang hilang dan terbuang setara dengan 49,5 miliar dolar Kanada (sekitar $ 37,3 miliar), yang mewakili 51,8 persen dari uang yang dihabiskan warga Kanada untuk makanan yang dibeli dari toko ritel setiap tahun.

Studi ini juga mencatat bahwa nilai makanan yang hilang dan terbuang yang berpotensi diselamatkan ini bisa cukup untuk memberi makan setiap orang Kanada selama lima bulan.

Laporan tersebut juga menggarisbawahi dampak lingkungan yang ditimbulkan oleh limbah makanan. Ditekankan bahwa 56,5 juta ton emisi setara karbon dioksida diciptakan oleh limbah makanan di Kanada setiap tahun.

"Makanan yang berakhir di TPA menciptakan gas metana yang 25 kali lebih merusak lingkungan daripada karbon dioksida," tuturnya.

Laporan itu mengungkapkan bahwa sekitar 4 juta orang Kanada - termasuk 1,4 juta anak-anak - berjuang untuk memiliki akses ke makanan sehat. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) memperkirakan hal itu sepertiga makanan yang diproduksi untuk konsumsi manusia hilang atau terbuang di seluruh dunia.

KEYWORD :

Produksi Makanan Kanada Limbah Produksi




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :