Selasa, 07/05/2024 09:05 WIB

DPR Dukung Kolaborasi Tingkatkan Kualitas SDM Kesehatan

Dedikasi para peserta, instruktur, dan penyelenggara mencerminkan pentingnya pembelajaran berkelanjutan dalam memperkuat sistem layanan kesehatan kita.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dari Fraksi Golkar, Melkiades Laka Lena. (Foto: Dok. Parlementaria)

Jakarta, Jurnas.com - Inaugural Arbovirus Summit Indonesia 2024 resmi digelar di Bali, awal pekan ini sebagai wadah bertukar gagasan dan kolaborasi antara para ahli, pemangku kepentingan dan akademisi dalam upaya global mengatasi ancaman penyakit Arbovirus seperti demam berdarah dengue, zika dan chikungunya.

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Emanuel Melkiades Laka Lena bersama Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin.

Dalam sambutannya, Melkiades menegaskan komitmennya dalam meningkatkan layanan kesehatan melalui pelatihan bioinformatika dan Next Generation Sequencing (NGS).

Melkiades menyoroti pentingnya kolaborasi antara institusi pemerintah dan sektor layanan kesehatan dalam membentuk tenaga kerja kesehatan terampil dan tangguh, yang akan memperkaya kemampuan para profesional dalam bidang pendidikan kesehatan.

“Dedikasi para peserta, instruktur, dan penyelenggara mencerminkan pentingnya pembelajaran berkelanjutan dalam memperkuat sistem layanan kesehatan kita,” ucap Melkiades sebagaimana disebutkan dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (26/4).

Dia menegaskan kembali komitmen DPR dalam mendukung inisiatif yang mendorong keunggulan dalam pendidikan dan pelatihan kesehatan, serta memprioritaskan investasi dalam pengembangan Sumber Daya Manusia untuk menjamin masa depan yang lebih sehat.

Lebih lanjut, Melkiades mengapresiasi Menteri Kesehatan atas dukungan dan visi tak tergoyahkan dalam mempelopori inisiatif seperti Akademi GISAID yang memperkuat kesiapan dan respons kesehatan bangsa.

Dia juga memberikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Bali dan United in Diversity(UID) Campus Bali yang telah bermurah hati menjadi tuan rumah program tersebut serta menyediakan lingkungan yang kondusif.

“Hal ini menggarisbawahi pentingnya kolaborasi antara institusi pemerintah dan sektor layanan kesehatan dalam membina tenaga kerja layanan kesehatan yang terampil dan tangguh yang pada akhirnya memperkaya kemampuan para profesional kita dalam pendidikan kesehatan,” tandas Politikus Golkar itu. 

Menutup pidatonya, Melkiades menyampaikan sambutan hangat dan terima kasih tulus kepada Presiden GISAID Peter Bogner atas kepemimpinan visioner dan dedikasinya untuk meningkatkan keamanan kesehatan global melalui pendidikan dan peningkatan kapasitas. Kemitraan dan bimbingan dari Presiden GISAID Peter Bogner ditegaskannya sangat berperan dalam keberhasilan program ini.

 

KEYWORD :

Warta DPR Melkiades Laka Lena Menkes kesehatan Inaugural Arbovirus Summit Indonesia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :