Selasa, 19/11/2019 08:59 WIB

Indonesia Waspadai Penyebaran Penyakit Infeksi Baru

Kemunculan PIB dan zoonosis, erat kaitannya dengan peningkatan populasi manusia dan hewan/ternak, arus urbanisasi yang tinggi.

Direktur Kesehatan Hewan, Fadjar Sumping Tjatur Rasa (Foto: Humastani)

Jakarta  - Pemerintah melaui Kementerian Pertanian (Kementan) mewaspadai kemunculan Penyakit Infeksi Baru (PIB) yang mengancam manusia dan hewan, bahkan menimbulkan kerugian ekonomi.

Untuk mengatasinya, pemerintah menyatukan kerja sama lintas kementerian yang melibatkan para ahli medis, aparat, dan masyarakat. Dalam istilah modernnya disebut One Health Day.

"Pengendalian PIB dan penyakit zoonosis dapat dilakukan melalui upaya kolaboratif  dari berbagai profesi ilmu kesehatan, bersama dengan dengan disiplin ilmu dan institusi terkait," terang Direktur Kesehatan Hewan Kementan, Fadjar Sumping Tjatur dalam keterangan tertulisnya ke Redaksi, Senin (5/11).

Fadjar menjelaskan, kemunculan PIB dan zoonosis, erat kaitannya dengan peningkatan populasi manusia dan hewan/ternak, arus urbanisasi yang tinggi, perubahan sistem pertanian dan alih fungsi lahan (kerusakan hutan), serta globalisasi perdagangan hewan.

"Adanya kasus penyakit di satwa liar, kemungkinan dapat menularkan ke hewan domestik atau langsung ke manusia, sehingga memerlukan usaha mitigasi risiko," ungkap Fadjar.

"Komponen penting mitigasi ini adalah kemampuan untuk mendeteksi, melaporkan, dan memberi respons awal, sehingga pengendalian penyakit dapat dilakukan di sumber sebelum menginfeksi atau menularkannya ke hewan lain atau bahkan ke manusia," tandasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonosis (P2TVZ) Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, penyakit zoonosis itu sangat sulit ditemukan obatnya. Menurutnya, flu burung misalkan, saat ini hanya bisa disembuhkan oleh obat Tami Flu.

Oleh karena itu, 3E yang menjadi keutamaan dari One Health yaitu early detection, early reporting dan early response mutlak untuk ditingkatkan di semua sektor.

"Kerja bersama lintas elemen menjadi dasar terwujudnya dan terlaksananya one health," terangnya.

 

TAGS : Flu Burung Penyakit Infeksi Baru Arus Urbanisasi




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :