Senin, 22/10/2018 02:24 WIB

Negara Ini Disebut Pengacau Timur Tengah

Perwakilan Tetap AS untuk PBB mengatakan Israel bukan negara penyebab konflik dan ketidakstabilan di Timur Tengah, tapi Iran.

Nikki Haley

Washington - Perwakilan Tetap Amerika Serikat (AS) untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa  (PBB), Nikki Haley, mengklaim Iran tengah meningkatkan agresivitasnya di Irak dalam beberapa bulan terakhir.

"Pendukung Iran di Irak mendapatkan pelatihan secara terang-terangan, mereka menggunakan senjata dari Teheran. Beredar kabar bahwa belakangan ini rezim Iran memberikan bantuan rudal balistik kepada pasukan dukungannya," ujar Haley.

Dalam sebuah pertemuan membahas topik Palestina di Dewan Keamanan PBB, Haley enggan untuk angkat bicara soal isu Palestina, lantas melontarkan kritikan terhadap Iran.

Israel, kata Haley, bukanlah negara yang menyebabkan konflik dan ketidakstabilan di Timur Tengah, melainkan Iran.

"Target Iran di Irak mendirikan pangkalan yang akan mengendalikan pemindahan senjata dari Teheran ke Mediterania," ungkapnya.

Haley mengatakan, Iran telah menyerang Pemerintah Daerah Kurdistan Irak (KRG) beberapa waktu terakhir, dan menewaskan 11 orang. Ia menyebut Negeri Para Mullah itu tengah mencoba melemahkan dan memperdayakan Irak.

"Iran berencana melanjutkan kegiatan terorisnya dengan memanfaatkan kelemahannya," ungkapnya. (aa)

 

TAGS : Iran Israel Amerika Serikat




TERPOPULER :