Sabtu, 22/09/2018 12:52 WIB

Wow! 5 Makanan Ini Bikin Anda Awet Muda

Awet muda pastinya jadi dambaan banyak orang, Anda bisa mendapatkannya lewat sumber makanan lho.

Salah satu makanan yang mengandung antioksidan adalah buah delima(Foto: Istimewa)

Jakarta - Antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang dirusak oleh radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh. Pasti Anda mau dong bisa sehat terus dan awet muda tentunya.

Yuk perbanyak asupan antioksidan dengan mengonsumsi makanan-makanan berikut ini:

1. Berry

Buah-buahan berry seperti strawberry, blueberry, blackberry, bilberry, cranberry dan jenis lainnya adalah makanan yang kaya dengan kandungan vitamin dan antioksidan. Buah berry selalu termasuk dalam peringkat atas dari buah-buahan yang mengandung kadar antioksidan yang tinggi.

Antioksidan utama dalam buah berry adalah anthocyanin, carotenoid, dan flavonoid. Blueberry, raspberry dan blackberry kaya proanthocyanidin, sedangkan strawberry, raspberry dan blackberry kaya akan ellagic acid yang dapat melawan karsinogen.

Gabungan bermacam-macam buah berry (kompleks buah berry) tentu akan saling melengkapi kandungan berbagai vitamin, antioksidan dan zat-zat bermanfaat lainnya.

2. Buah Delima

Dengan mengonsumsi buah pomegranate atau delima, Anda akan mendapatkan manfaat antioksidan dan efek anti-aging atau anti penuaan. Selain itu, makanan kaya nutrisi ini dapat juga mempengaruhi tingkat kesehatan kulit Anda, seperti tingkat elastisitas, kehalusan, daya tahan terhadap sinar matahari, dan pertahanan terhadap banyak gangguan kulit.

Statusnya sebagai super fruit, berarti buah delima memiliki kualitas asli buah, kaya akan nutrisi dan antioksidan, serta telah dibuktikan secara ilmiah memiliki potensi baik bagi kesehatan. Hingga saat ini, buah delima sudah dikembangkan konsumsinya ke dalam bentuk jus atau sari buah, dan menjadi bahan komposisi beragam produk pangan dan kosmetik.

3. Teh Hijau

Teh hijau memiliki lebih Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC) daripada vitamin C dan vitamin E, ini berarti teh hijau dapat melawan kerusakan akibat radikal bebas lebih baik daripada vitamin.

Teh hijau tidak hanya memiliki nilai ORAC besar, tetapi juga membantu meningkatkan aktivitas antioksidan alami tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau menghambat penciptaan nitrosamin dan karsinogen yang menyebabkan kanker dalam tubuh, serta membantu detoksifikasi agen penyebab kanker lainnya.
 
4. Kunyit

Zat aktif pada kunyit yang memiliki efektivitas sebagai antioksidan adalah kurkumin. Pigmen alami berwarna kuning ini memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melindungi tubuh dari radikal bebas yang sangat baik terutama radikal bebas berupa lemak buruk dan senyawa yang larut dalam lemak.

Berbagai radikal bebas dapat direduksi dampak buruknya oleh bioaktif curcumin yang terdapat pada kunyit. Penelitian dalam tabung reaksi menunjukkan bahwa curcumin efektif sebagai seravenger terhadap ROS dan nitrit oksida.

5. Cokelat

Penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal membuka akses Kimia Journal Tengah menunjukkan bahwa cokelat adalah sumber yang kaya antioksidan dan mengandung polifenol lebih dan flavanol dari jus buah.

Ketika peneliti di Pusat Hershey untuk Kesehatan & Gizi-membandingkan aktivitas antioksidan dalam coklat bubuk dan bubuk buah mereka menemukan bahwa, gram per gram, ada lebih kapasitas antioksidan, dan kandungan flavanol yang lebih besar total, dalam bubuk kakao.

Di antara makananan-makanan di atas, adakah yang jadi favorit Anda?

TAGS : awet muda makanan antioksidan




TERPOPULER :