Kamis, 23/11/2017 08:57 WIB

Wow, Pemakaman Raja Thailand Habiskan Dana Rp1,2 Triliun

Sebuah pemakaman yang mewah akan digelar oleh kerajaan untuk menghormati sosok Raja Bhumibol Adulyadej

Warga membawa poster Raja Bhumibol (foto: Google)

Bangkok – Sudah satu tahun lebih sejak 13 Oktober 2016, tubuh mendiang Raja Thailand, Bhumibol Adulyadej (87) bersemayam di Istana Grand Palace, Thailand. Dan, kurang dari satu minggu dari sekarang, sebuah prosesi pemakaman mewah akan dilaksanakan oleh kerajaan.

Dikutip dari Reuters, pemerintah militer telah menyiapkan 3 miliar baht atau Rp1,2 triliun untuk prosesi kremasi atau pemakaman raja. Persiapan yang memakan waktu lebih dari satu tahun itu, telah melibatkan ribuan pengrajin yang bekerja membuat paviliun emas di lapangan depan Istana Grand Palace. Dan, diperkirakan 250.000 pelayat akan hadir dalam upacara kematian tersebut.

Saat ini, beberapa persiapan sedang berlangsung. Di antaranya latihan marching band dengan kostum serba hitam. Kemudian sejumlah orang juga berlatih membawa guci-guci emas yang berarti sisa-sisa kehidupan raja di masa lampau. Prosesi tersebut diperkirakan akan memakan waktu selama lima jam.

“Pemakaman lima hari itu akan dihadiri oleh puluhan kepala negara, termasuk Raja Jigme Khesar Namgyel Wangchuck dari Bhutan, dan Pangeran Akishino Jepang, dan Putri Kiko,” tulis Reuters.

Periode pasca pemakaman diyakini akan menjadi masa tidak pasti di Thailand. Putra satu-satunya Raja Bhumibol, Raja Maha Vajiralongkorn telah secara resmi naik tahta tahun lalu. namun penobatannya tidak akan berlangsung sampai setelah pemakaman sang ayah.

Sebelumnya, otoritas pariwisata Thailand (TAT) mengeluarkan sebuah travel advisory agar turis berlaku hormat selama periode berkabung, yakni 25-29 Oktober.

“Kami meminta wisatawan dan pengunjung memahami dan sabar jika mereka mengalami penundaan, atau beberapa rute kemungkinan ditutup untuk berlalu lintas,” kata TAT, Senin (2/10).

“Kami juga meminta pengunjung memahami bahwa ini adalah masa-masa sensitif bagi rakyat Thailand. Mereka harus menghormati perasaan dan sensitivitas orang-orang Thailand,” lanjutnya.

Selama periode itu, rakyat-rakyat Thailand akan berpakaian serba hitam. Dan turis dianjurkan untuk menyesuaikan pakaian mereka, meski tidak ada kewajiban untuk ikut berpakaian hitam.

TAGS : Thailand Raja Bhumibol




TERPOPULER :