Jum'at, 24/03/2017 09:07 WIB

Petani Kendeng Tolak Tawaran Teten

Kami akan terus berjuang sampai bertemu dengan Pak Jokowi sampai pabrik semen izinnya dicabut.

Gunretno menyampaikan hasil pertemuan.

Jakarta - Empat petani yang masih dipasung semen dengan dicor dari wadah triplek berbentuk persegi, usai bertemu dengan Kepala Staf Kepresidenan, Teten Masduki di ruang Bina Graha, Senin (20/3). Pertemuan yang berlangsung sejak sore itu tertutup. Namun, satu persatu perwakilan petani Kendeng pada akhirnya keluar.

Gunretno, koordinator Jaringan Masyarakat Peduli Pegunungan Kendeng (JMPPK), yang ikut mendampingi petani bertemu dengan Teten Masduki, mengatakan bahwa pertemuan yang barusan dilakukan bersama petani dan Teten Masduki tidak ada hasilnya. Menurutnya, pertemuan itu hanya sekedar menyampaikan komitmen Semen Indonesia.

"Kami akan terus berjuang sampai bertemu dengan Pak Jokowi sampai pabrik semen izinnya dicabut," jelas Gunretno petang itu usai mengikuti pertemuan, Senin (20/3).

Hasil pertemuan itu dibeberkan oleh Gunretno, yang menyatakan bahwa pihak Semen Indonesia sepakat tidak akan menambang sebelum Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) keluar. Namun, petani Kendeng menolak tawaran Teten Masduki. Menurut Gunretno, pabrik semen itu izinnya sudah melanggar.

"Kami akan tetap melakukan aksi di depan istana sampai izin yang dikeluarkan Pemprov Jawa Tengah dicabut," ucap Gunretno.

AKsi di depan istana itu disudahi pukul 19.45 WIB. Para petani kemudian berpindah menuju ke LBH Jakarta sebagai rumah sementara untuk beristirahat. Para petani Kendeng akan terus melanjutkan aksinya hingga izin pabrik semen dicabut.

Pada aksi pertama April 2016 tahun lalu, Teten juga pernah menyatakan bahwa kecil kemungkinan memenuhi tuntutan para petani dari pegunungan Kendeng. Meski begitu, Teten menjelaskan bahwa pemerintah akan mengkaji terus persoalan para petan iRembang itu.

"Kami sudah tahu masalahnya, tapi karena opsi dari mereka memang enggak mudah bagi kami untuk memutuskan karena investasi dan pembangunan sudah jalan," jelas Teten pada saat aksi pertama cor kaki para petani Kendeng, April 2016 lalu.[]

TAGS : petani kendeng pabrik semen rembang teten masduki




TERPOPULER :

TERKINI

Penderita Kanker Ini Terharu, Saat Beyonce Telepon Video

Penyakit yang dideranya, menjadi perhatian rekan sekolahn...

Kumpulan Lawyer Bentuk Tim Anti Kecurangan Pilkada

Tim yang beriai para lawyer secara khusus ini akan mengan...

Kata Fahri, KPK Preman Kampung

Meski disebut-sebut dalam kasus suap pajak, Wakil Ketua D...

Negara-Negara Ini Kibarkan Bendera Inggris Demi Tunjukkan Kepedulian

Selain itu, beberapa aksi kemanusiaan lain tengah dijalan...

Setya Novanto Panik Ditanya Kasus e-KTP

Ketua DPR Setya Novanto (Setnov) mulai panik dan geram ke...

Temui Aksi, Anies Tak Klarifikasi Soal Over Budgeting

Anies dinilai tidak memberikan klarifikasi terkait over b...