Jum'at, 26/04/2024 07:53 WIB

Cara Bijak Dalam Shopping

Apalagi dengan sistem pembayaran jaman sekarang ini,  sangat memudahkan Anda menjadi keranjingan belanja.

Ilustrasi Shoping

Jakarta - Jalan-jalan ke pusat perbelanjaan memang suatu kegiatan yang sangat menyenangkan. Banyak barang yang tentunya menarik minat, seperti tas, sepatu, pakaian, dan aksesoris. Jika Anda tidak mengkontrol diri maka dalam sekejap saja barang-barang itu sudah menjadi milik Anda. Ada rasa kepuasan tersendiri saat Anda menenteng tas-tas belanja tersebut.

Sebenarnya priapun banyak juga yang gemar shopping, tetapi lebih diidentikkan dengan kaum hawa. Wanita umumnya sangat suka menghias diri agar terlihat menarik, terutama ketika dilihat oleh pria idamannya. Mereka tanpa disadari dalam penampilan terkadang bersaing dengan sahabatnya. Tidak sedikit wanita demi terlihat cantik dan trendy berela mengeluarkan kocek yang besar.

Apalagi dengan sistem pembayaran jaman sekarang ini,  sangat memudahkan Anda menjadi keranjingan belanja. Selain dengan uang tunai dapat juga dengan menggesek kartu debit atau kartu kredit. Tetapi ketika Anda mulai menghitung atau mendapat lembar tagihan, maka  akan terkejut melihat jumlah rupiah yang terpakai untuk semua barang-barang tersebut.

Jadinya, tabungan anda terkuras atau bingung bagaimana membayar tagihan kartu kredit yang sudah menumpuk. Apakah itu semua sangat diperlukan? Cobalah untuk menghentikan kebiasaan shopping Anda ini sebelum mengalami gangguan secara psikologi yang biasa disebut shopaholic.

Jika Anda berbelanja tetapi masih dalam batas yang normal, itu tidak menjadi masalah besar. Sangat wajar jika wanita mencintai sesuatu yang indah. Makanya, Sebelum Anda shopping sebaiknya dicatat apa saja yang diperlukan. Ingat, prioritaskan yang menjadi kewajiban Anda dan jangan lupa sisihkan untuk menabung. Harus disadari jika tabungan adalah penting untuk masa depan Anda.

Jangan terpancing dengan diskon yang ditawarkan dari setiap toko. Bisa saja Anda hanya merasa terbuai akan diskon tersebut tetapi sebenarnya Anda tidak memerlukannya.

Cobalah buka lemari. Padu padankan pakaian-pakaian lama Anda menjadi sesuatu yang fresh dan menarik. Saat Anda memadupadankan tentu menemukan keseruan tersendiri dan akan terkaget-kaget hasil kreasi Anda sendiri. Yang pasti Anda tentu terkejut banyak sekali uang yang dapat Anda simpan dari kegiatan ini.

Cobalah mengalihkan dana shopping Anda menjadi suatu yang menghasilkan seperti investasi. Tentu saja Anda akan mendapatkan nilai posifnya. Benefit dari setiap investasi Anda akan menambah tabungan.

Hindari sementara waktu untuk mendatangi pusat perbelanjaan dan segera alihkan  pikiran Anda saat mulai merasa tergoda untuk berbelanja dengan kegiatan-kegiatan yang positif. seperti kumpul dengan keluarga dan sahabat, berolahraga atau membuat suatu tulisan. Wisata alam bisa menjadi pengalihan yang menyenangkan dan tentu saja Anda akan mendapat pengalaman yang menarik.

KEYWORD :

Tips Hemat Belanja Cara Irit




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :