Jum'at, 19/04/2024 12:03 WIB

Cermati, Ini Tips dan Kiat Aman Berselancar di Internet

Cermati, Ini Tips dan Kiat Aman Berselancar di Internet

Ilustrasi internet (foto: Middleeast)

Jakarta – Dari perspektif etika digital, kiat aman berselancar di internet adalah memiliki kompetensi literasi digital terkait netiket alias etika berinternet. Tata krama menggunakan internet itu sendiri meliputi kemampuan mengakses, menyeleksi, memverifikasi, memahami, dan menganalisis informasi saat berkomunikasi di platform digital.

”Selanjutnya, kemampuan memproduksi, mendistribusikan, berpartisipasi dan berkolaborasi data dan informasi dengan aman nyaman di platform digital,” tutur pembina Komunitas Film Pramuka (KFP) Habibie Yukezain, saat menjadi pembicara dalam diskusi literasi digital yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) untuk komunitas digital di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, Sabtu (20/5).

Dalam diskusi luring (offline) bertajuk ”Kiat-kiat Aman Berselancar di Internet” itu, Habibie mengatakan, etiket yang merupakan tata cara individu berinteraksi dengan individu lain atau dalam masyarakat berlaku ketika individu berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain.

”Meski begitu, akan lebih baik jika individu juga memiliki norma moral yang menjadi pegangan dalam bertingkah laku, serta memahami ruang lingkup etika: kesadaran, integritas (kejujuran), tanggung jawab, dan nilai kebajikan,” sambung Habibie dalam diskusi yang dimoderatori Sintia Dewi itu.

Kiat aman berselancar di internet, menurut Habibie, antara lain dengan menghindari konten negatif seperti melanggar kesusilaan, perjudian, penghinaan dan pencemaran nama baik, pemerasan (pengancaman), penyebaran hoaks, maupun menebar kebencian atau permusuhan berdasarkan SARA.

”Ingat, segala rekam jejak data seseorang saat berselancar dan menggunakan internet baik secara aktif maupun pasif akan tertinggal dan tidak bisa dihapus. Jejak kita akan terdeteksi saat menggunakan media sosial, masuk ke situs web, terhubung dengan teman, berbagi informasi dan data (foto), maupun saat melakukan transaksi belanja dan mengakses bank,” urai Habibie.

Habibie menambahkan, ada beberapa tips agar aman berselancar di internet. Di antaranya: hindari wifi publik, tidak memposting berlebihan di medsos, mengelola kata sandi dengan baik, dan jangan masuk situs website dengan aku Facebook.

Sejak dua tahun silam, Kemenkominfo aktif menyelenggarakan program nasional untuk meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat Indonesia pada 2024. Program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD) membahas setiap tema dari sudut pandang empat pilar utama. Yakni, kecakapan digital, etika digital, keamanan digital, dan budaya digital.

Dari perspektif kecakapan digital (digital skills), influencer Azmy Zen mengatakan, berkomunikasi secara digital bukan hanya menguasai bagaimana menggunakan saluran komunikasi digital. Namun, juga butuh penguasaan bagaimana seharusnya mengungkapkan pesan-pesan secara digital.

”Setiap perangkat dan aplikasi memiliki kelebihan dan keterbatasannya masing-masing. Butuh kecakapan mengelola informasi dan konten, karena tidak semua informasi benar dan kita butuhkan,” tegas Azmy.

Sementara, menurut pelaku industri event Raka Maukar, kiat aman berselancar di internet, yakni dengan memahami sistem digital, komputer dan jaringan. ”Dengan pemahaman itu, dapat menghindari penyadapan informasi, pencurian, atau kerusakan pada perangkat keras, perangkat lunak, atau data elektronik pengguna, serta dari gangguan atau penyesatan layanan yang diberikan,” jelasnya.

Untuk diketahui, diskusi literasi digital pada lingkup komunitas merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD). Tahun ini, program #literasidigitalkominfo yang dilaksanakan sejak 27 Januari 2023 itu menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta. Utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. Berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring, IMCD membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id.

KEYWORD :

Kemenkominfo IMCD Internet Tips




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :