Kamis, 25/04/2024 12:29 WIB

Tips Aman Berinternet; Jangan Asal Klik, Agar Saldo dan Rekening Tak Tercekik

Tips Aman Berinternet; Jangan Asal Klik, Agar Saldo dan Rekening Tak Tercekik

Ilustrasi belanja online.

Jakarta – Jangan mudah tergoda janji manis di internet. Meski janji yang diberikan itu berupa pulsa gratis ratusan ribu atau janji hadiah uang tunai ratusan juta karena nomor ponsel kita menang undian, jangan terkecoh.

”Jangan asal klik atau oke segala tawaran yang sering kita terima di beragam media sosial. Salah-salah, mereka menyiapkan jebakan link yang terkoneksi dengan sistem digital mereka, para hacker penjahat digital yang semakin pintar,” ujar Mia Marcelina, guru yang juga musisi, dalam diskusi literasi digital gelaran Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Pandeglang, Provinsi Banten, Minggu (21/5) sore.

Mengusung tema ”Kiat-kiat Aman Berselancar di Internet”, diskusi luring (offline) yang diikuti Komunitas Remaja dan Komunitas UMKM di Kab. Pandeglang ini juga menghadirkan dua narasumber lain. Yakni, pembina Komunitas Film Pramuka Habibie Yukezain, musisi dan pebisnis event Raka Maukar, serta dipandu Rendi selaku moderator.

Mia Marcelina menyebut pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap jebakan link, lantaran jika sampai mengklik link mereka, kita akan terkoneksi dengan sistem mereka yang bisa mengakses data pribadi, akun medsos, bahkan banyak kasus penjahat digital bisa menguras saldo m-banking sampai habis.

”Jadi, hati hati, jangan asal klik atau oke. Buat mereka, semua hal tega dilakukan, karena penjahat siber terkenal raja tega pada para korbannya. Waspada dan hindarilah jebakan seperti itu,” ujar Mia.

Lantas, bagaimana agar akun dan data pribadi kita di internet aman dari gangguan cyber crime? Raka Maular berbagi tips. Jangan malas ganti PIN, kalau perlu tiap tiga bulan atau tiap bulan. Kalau itu PIN m-banking, buatkan kode sandi yang unik. Kalau perlu padukan angka unik dan sidik wajah atau jari kita, two factor autentication.

”Memang awalnya akan ribet dan sering bikin jengkel, tapi ini lebih aman buat kita. Apalagi menyangkut dana dan data pribadi kita. Jangan sampai sesal kemudian tidaklah berarti,” urai Raka Maukar.

Sementara itu, Habibie Yakizein mengatakan, keamanan digital merupakan hal yang sangat penting dalam kita bergaul dan memanfaatkan teknologi digital. ”Kalau kita cakap memanfaatkan teknologi digital, niscaya akan memberi kemudahan dan peluang bisnis yang menantang. Jangkauan pasarnya juga tak terbendung, karena cakupannya tanpa batas,” tutur Habibie.

Namun, Andalan Pramuka Nasional itu mengingatkan untuk jangan ceroboh dan keliru memilih link bisnis atau pasar yang tak akurat. Sharing dan berbagi dengan banyak teman. Minta kurasi mereka, juga minta komentar atau klik banyak aplikasi resmi agar mitra kita terdeteksi aman.

”Sembarang klik link di internet bukan untung, tapi malah ambyar. Sudah habis isi saldo, ikut rusak pula jejak digital kita, karena pernah tergabung dengan jaringan yang di-black list rekan bisnis yang pernah jadi korban mereka,” kata Habibie, memungkasi diskusi.

Untuk diketahui, diskusi literasi digital pada lingkup komunitas merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia #MakinCakapDigital (IMCD). IMCD diinisiasi Kemenkominfo untuk memberikan literasi digital kepada 50 juta orang masyarakat Indonesia hingga 2024.

Tahun ini, program #literasidigitalkominfo dilaksanakan sejak 27 Januari 2023. Program Kemenkominfo yang berkolaborasi dengan Siberkreasi dan 18 mitra jejaring ini membidik segmen pendidikan dan segmen kelompok masyarakat sebagai peserta.

Program IMCD tahun ini menargetkan 5,5 juta warga masyarakat sebagai peserta, utamanya yang belum pernah mengikuti kegiatan literasi digital. IMCD sendiri bertujuan meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dalam memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman.

Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan dan info literasi digital dapat diakses melalui media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Fan Page dan Kanal Youtube Literasi Digital Kominfo serta website info.literasidigital.id.

KEYWORD :

Kemenkominfo IMCD Digital Tips Internet




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :