Selasa, 14/05/2024 11:07 WIB

Negara Bagian New South Wales Australia Perluas Penguncian COVID-19

Para pejabat juga mendesak warga di daerah Teluk Byron untuk dites setelah seorang pria melakukan perjalanan dari Sydney, pusat wabah negara bagian itu, ke tempat wisata sekitar 767 km ke utara.

Pemandangan di salah satu sudut negara bagian New South Wales, Australia (Foto: Reuters)

 

Sydney, Jurnas.com -  Negara bagian New South Wales yang paling padat penduduknya di Australia memperluas penguncian COVID-19 ke kota pedesaan Tamworth pada Senin (9/8) 

Perdana Menteri Negara Bagian Gladys Berejiklian mengumumkan penguncian kota pertanian setelah orang-orang yang diketahui mengidap COVID-19 melakukan perjalanan dari Sydney ke Tamworth, sekitar 414 km (257 mil) ke barat laut, tanpa izin.

"Sebagai tindakan pencegahan, para ahli kesehatan telah merekomendasikan kami mengunci Tamworth selama satu minggu," kata Berejiklian kepada wartawan di Sydney.

Para pejabat juga mendesak warga di daerah Teluk Byron untuk dites setelah seorang pria melakukan perjalanan dari Sydney, pusat wabah negara bagian itu, ke tempat wisata sekitar 767 km ke utara.

New South Wales melaporkan 283 kasus COVID-19 yang didapat secara lokal dalam 24 jam terakhir, naik dari 262 kasus sehari sebelumnya.

Negara bagian telah berjuang untuk menahan lonjakan varian Delta yang sangat menular meskipun Sydney dikunci sekarang dalam minggu ketujuh.

Negara bagian Victoria yang bertetangga mengatakan akan melonggarkan pembatasan setelah melaporkan 11 kasus COVID-19 baru, sama seperti hari sebelumnya.

Sebagian besar kasus baru menghabiskan waktu di komunitas saat menular, tetapi Perdana Menteri negara bagian Daniel Andrews mengatakan penguncian wilayah Victoria akan dicabut pada Senin.

Ibu kota Victoria, Melbourne, akan tetap dikunci yang keenam sejak pandemi dimulai hingga setidaknya 12 Agustus

Di Brisbane, ibu kota negara bagian Queensland, pihak berwenang melaporkan empat kasus lokal baru pada hari Senin, hari pertama setelah kota itu keluar dari pembatasan tinggal di rumah.

Perdana Menteri Australia, Scott Morrison dikecam karena peluncuran vaksin yang lamban, dengan hanya 22% warga Australia di atas usia 16 tahun yang divaksinasi sepenuhnya.

Sebuah jajak pendapat oleh surat kabar The Australian menunjukkan peringkat persetujuan publiknya telah mencapai level terendah sejak pandemi dimulai. Baca selengkapnya

Morrison menikmati peringkat tinggi awal tahun lalu setelah Australia berhasil menjaga angka pandeminya relatif rendah. Sejauh ini telah melaporkan sekitar 36.250 kasus dan 939 kematian, termasuk seorang wanita berusia 90-an yang kematiannya di Sydney dilaporkan pada hari Senin.

Penguncian yang diperpanjang di Sydney, kota terpadat di Australia, akan mendorong ekonomi negara itu senilai A$2 triliun ($1,5 triliun) ke dalam pertumbuhan negatif kuartal ini, kata Bendahara Josh Frydenberg bulan lalu.

Tetangga Selandia Baru, yang belum melihat kasus komunitas sejak Februari, mengatakan pada hari Senin bahwa 11 dari 21 awak di atas kapal kontainer Rio De La Plata di lepas pantai utara negara itu telah dinyatakan positif COVID-19.

Sebagai tindakan pencegahan, 94 pekerja pelabuhan yang menghabiskan waktu di kapal saat berada di pelabuhan dihubungi dan dihentikan sampai hasil tes negatif dikembalikan.

KEYWORD :

New South Wales Australia Varian Delta Penguncian COVID-19




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :