Jum'at, 26/04/2024 08:22 WIB

Selandia Baru Tangguhkan Perjalanan Bebas Karantina

Selandia Baru telah menangguhkan pengaturan perjalanan bebas karantina dengan Australia. (Foto: AFP/SAEED KHAN)

Wellington, Jurnas.com - Selandia Baru mengumumkan penangguhan tiga hari pengaturan perjalanan bebas karantina dengan Australia pada Sabtu (26/6). Alasannya, karena beberapa wabah COVID-19 di negara tetangganya itu.

Pengumuman itu muncul ketika penguncian dua minggu dimulai di Sydney untuk menahan wabah varian Delta dari COVID-19 yang menyebar dengan cepat.

Lebih dari 80 kasus telah dilaporkan sejauh ini di kota terbesar Australia, sementara beberapa kasus komunitas juga telah dicatat di Northern Territory, Victoria dan Queensland dalam beberapa hari terakhir.

"Tetapi mengingat tingkat penularan yang tinggi dari apa yang tampaknya menjadi varian Delta, dan fakta bahwa sekarang ada banyak kelompok komunitas (di Australia), itu adalah hal yang benar untuk dilakukan untuk mencegah COVID-19 keluar dari Selandia Baru," kata Menteri Tanggap COVID-19 Selandia Baru, Chris Hipkins.

Hipkins mengatakan memahami ketidaknyamanan yang akan ditimbulkan oleh jeda itu dan menambahkan bahwa Selandia Baru tetap berkomitmen untuk melakukan perjalanan bebas karantina dengan Australia.

Dia menambahkan bahwa penangguhan akan memberi waktu kepada pejabat untuk mempertimbangkan langkah-langkah "untuk membuat gelembung lebih aman, seperti pengujian pra-keberangkatan untuk semua penerbangan" antara kedua negara.

Selandia Baru sebelumnya telah menghentikan pengaturan gelembung lima kali dengan masing-masing negara bagian, tetapi ini adalah pertama kalinya mereka menghentikan perjalanan bebas karantina dari seluruh Australia.

Kedua negara tersebut termasuk yang paling sukses di dunia dalam menangani COVID-19. Selandia Baru telah mencatat 26 kematian COVID-19 dalam populasi 5 juta, dan Australia memiliki kurang dari 1.000 kematian dalam populasi 25 juta.

Gelembung perjalanan trans-Tasman dibuka pada pertengahan April, lebih dari setahun setelah kedua negara menutup perbatasan internasional mereka karena pandemi. Ini telah dipuji sebagai tonggak utama dalam memulai kembali industri perjalanan global. (AFP)

KEYWORD :

Australia Selandia Baru Perjalanan Bebas Karantina




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :