Sabtu, 27/04/2024 11:57 WIB

Nadiem Minta Kampus Tak Persulit Program Pertukaran Mahasiswa

Program yang diluncurkan pada Senin (12/4) kemarin itu diperkirakan bakal diikuti 20.000 mahasiswa, dan dihitung setara 20 satuan kredit semester (SKS).

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim (Foto: YouTube)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim meminta perguruan tinggi tidak mempersulit mahasiswa, yang ingin mengikuti program Pertukaran Mahasiswa Merdeka.

Program yang diluncurkan pada Senin (12/4) kemarin itu diperkirakan bakal diikuti 20.000 mahasiswa, dan dihitung setara 20 satuan kredit semester (SKS).

Karena itu, Mendikbud mengatakan merupakan tanggung jawab perguruan tinggi untuk memudahkan proses konversi dan pengakuan SKS mahasiswa sebanyak 20 SKS.

"Kami berharap jangan sampai ada mahasiswa yang dipersulit dalam konversi dan pengakuan SKS-nya," kata Nadiem dalam peluncuran secara daring.

"Kami yakin dukungan penuh dari Ibu dan Bapak pimpinan perguruan tinggi dan dosen kepada mahasiswa untuk berpartisipasi dalam program ini, akan membawa pada kelancaran dan keberhasilan dari program Pertukaran Mahasiswa Merdeka ini," lanjut dia.

Nadiem menambahkan, terdapat beberapa hal penting dalam menyukseskan program ini di antaranya adalah agar perguruan tinggi mendaftarkan organisasinya, dan mendorong sebanyak mungkin dosen untuk mendaftarkan mata kuliah terbaiknya.

"Agar dapat diikuti oleh puluhan ribu mahasiswa dari penjuru Nusantara," tegasnya.

Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam mengatakan, melalui program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, perguruan tinggi dapat saling bekerja sama dan belajar untuk meningkatkan kualitasnya.

Dengan demikian, semua perguruan tinggi akan bersama-sama membangun pendidikan yang berkualitas dan mencetak generasi bangsa yang tangguh secara akademik, seiring mengimplementasikan prinsip kebinekaan dengan mengenal saudara-saudaranya dari berbagai penjuru Nusantara dan menghormati perbedaan suku dan agama di Indonesia.

KEYWORD :

Pertukaran Mahasiswa Merdeka Mendikbud Nadiem Anwar Makarim 20 SKS




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :