Jum'at, 26/04/2024 13:25 WIB

Gagas Normalisasi Israel-Dunia Arab, Menantu Trump Jared Kushner Dinominasikan Terima Nobel Perdamai

Kushner, yang merupakan menantu Trump, dan Berkowitz, yang merupakan utusan Timur Tengah, adalah tokoh kunci dalam merundingkan kesepakatan antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Penasihat Senior Gedung Putih, Jared Kushner (Foto: Kacper Pempel/Reuters)

Washington, Jurnas.com - Mantan penasihat senior Gedung Putih, Jared Kushner dan wakilnya, Avi Berkowitz, pada Minggu (31/1) dinominasikan untuk menerima Nobel Perdamaian atas peran mereka dalam menegosiasikan normalisasi hubungan Israel dan negeri Arab.

Disadur dari Reuters, orang yang menominasikan pasangan mantan deputi untuk Presiden Donald Trump adalah pengacara Amerika Alan Dershowitz, yang memenuhi syarat untuk melakukannya dalam kapasitasnya sebagai profesor emeritus di Harvard Law School.

Kushner, yang merupakan menantu Trump, dan Berkowitz, yang merupakan utusan Timur Tengah, adalah tokoh kunci dalam merundingkan kesepakatan antara Israel dan Uni Emirat Arab (UEA), Bahrain, Sudan, dan Maroko.

Kesepakatan itu diumumkan dalam rentang empat bulan antara pertengahan Agustus dan pertengahan Desember dan merupakan terobosan diplomatik paling signifikan di Timur Tengah dalam 25 tahun ketika kawasan itu bersiap untuk konfrontasi berkepanjangan dengan Iran.

Kushner mengatakan dalam sebuah pernyataan mengatakan merasa terhormat dinominasikan untuk hadiah tersebut, yang akan diberikan pada bulan Oktober.

Pemerintahan Presiden Joe Biden diperkirakan akan meninjau semua kesepakatan keamanan nasional yang dicapai selama pemerintahan Trump, termasuk paket senjata untuk Uni Emirat Arab dan Arab Saudi.

Ada beberapa keluhan dari anggota parlemen tentang kesepakatan Maroko karena untuk membuat Maroko menyetujuinya, Amerika Serikat mengakui kedaulatan Maroko atas wilayah Sahara Barat yang disengketakan.

Trump meninggalkan jabatannya pada 20 Januari di bawah awan kontroversi, yang berpotensi memengaruhi apakah pasangan pembantunya akan dianugerahi Nobel.

KEYWORD :

Jared Kushner Normalisasi Israel Avi Berkowitz Nobel Perdamaian Negara Arab




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :