Jum'at, 26/04/2024 14:10 WIB

Turki Klaim Lakukan Latihan dengan AS di Mediterania Timur

Saingan Turki, Yunani, melancarkan latihan militer selama tiga hari dengan Prancis, Italia, dan Siprus di daerah selatan pulau Kreta di Mediterania.

Kapal penelitian Turki, Oruc Reis, tengah, dikelilingi oleh kapal angkatan laut Turki di Mediterania timur, 10 Agustus 2020. (AP Photo)

Ankara, Jurnas.com - Turki mengatakan telah melakukan latihan militer dengan kapal perusak Angkatan Laut Ameirka Serikat (AS) di Mediterania timur, di tengah perselisihan dengan Yunani mengenai batas-batas maritim dan hak energi lepas pantai.

"Fregat Turki TCG Barbaros dan TCG Burgazada telah melakukan pelatihan maritim dengan kapal perusak Amerika USS Winston S. Churchill di Mediterania timur pada 26 Agustus," kata Kementerian Pertahanan Turki dalam sebuah twit pada Rabu (27/8).

Kementerian juga merilis foto dua kapal perang Turki dan kapal perang lainnya yang mengibarkan bendera Turki dan AS, tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut atau menentukan di mana latihan itu dilakukan.

Saingan Turki, Yunani, melancarkan latihan militer selama tiga hari dengan Prancis, Italia, dan Siprus di daerah selatan pulau Kreta di Mediterania.

Sekutu NATO Yunani dan Turki berselisih mengenai berbagai masalah, termasuk perbatasan laut. Ketegangan meningkat di antara keduanya sejak Ankara melanjutkan pekerjaan eksplorasi energi di daerah yang disengketakan di Mediterania timur pada 10 Agustus.

Sebelumnya pada Rabu, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan negaranya tidak akan menyerah "apa yang layak" di Laut Mediterania, memperingatkan Yunani agar tidak membuat kesalahan yang akan membuka jalan ke "kehancuran".

Yunani dan Turki hampir berperang pada 1974 atas Siprus, yang sejak itu terpecah. Sepertiga bagian utara dijalankan oleh pemerintahan Siprus Turki yang hanya diakui Turki dan dua pertiga bagian selatan diperintah oleh pemerintah Siprus Yunani yang diakui secara internasional. (Press TV)

KEYWORD :

Ameirka Serikat Yunani Mediterania Timur Turki




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :