Kamis, 25/04/2024 15:09 WIB

Kesepakatan Biji-bijian Ukraina Diperpanjang Selama Dua Bulan

Erdogan mengungkapkan harapan bahwa kesepakatan itu akan menguntungkan bagi semua pihak.

Kapal induk berbendera Kepulauan Marshall Star Helena meninggalkan pelabuhan laut di Chornomorsk setelah memulai kembali ekspor biji-bijian pada 7 Agustus 2022, di tengah serangan Rusia ke Ukraina. (Foto: Reuters/Serhii Smolientsev)

JAKARTA, Jurnas.com - Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumkan pada Rabu (17/5) bahwa kesepakatan biji-bijian Laut Hitam Ukraina telah diperpanjang untuk dua bulan lagi. 

Erdogan membuat pengumuman itu sehari sebelum masa jabatannya berakhir, mencetak kudeta diplomatik menjelang pemilihan putaran kedua 28 Mei di mana ia akan mencoba memperpanjang kekuasaan dua dekade hingga 2028.

Dia berterima kasih kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin, mitra Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dan Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres atas peran mereka dalam memperpanjang perjanjian tersebut.

"Dengan upaya negara kami, dukungan dari teman-teman Rusia kami, kontribusi dari teman-teman Ukraina kami, diputuskan untuk memperpanjang kesepakatan biji-bijian Laut Hitam selama dua bulan lagi," kata Erdogan dalam sambutan yang disiarkan televisi secara nasional.

Erdogan mengatakan Rusia telah setuju untuk tidak memblokir kapal meninggalkan dua pelabuhan Ukraina, mengungkapkan harapan bahwa kesepakatan itu akan menguntungkan bagi semua pihak.

Kyiv juga berterima kasih kepada PBB dan Turki atas upaya mereka dalam memperkuat ketahanan pangan.

"Perjanjian ini penting untuk ketahanan pangan global - produk Ukraina dan Rusia memberi makan dunia," kata Guterres, sambil menekankan perlunya perjanjian jangka panjang yang lebih komprehensif.

Namun Rusia mengecam apa yang disebutnya kesenjangan dalam implementasi kesepakatan yang harus diperbaiki secepat mungkin.

Ukraina adalah salah satu pengekspor biji-bijian utama dunia sebelum Rusia menginvasi pada Februari tahun lalu.

Kapal perang Rusia memblokade pelabuhan Laut Hitam Ukraina, membuat harga pangan melonjak di pasar global dan secara tidak proporsional memukul negara termiskin di dunia.

Turki dan PBB pertama kali menjadi perantara kesepakatan antara pihak yang bertikai pada Juli 2022, yang menciptakan koridor aman untuk ekspor produk Ukraina guna meredakan krisis.

Kesepakatan itu masih satu-satunya yang ditandatangani Moskow dan Kyiv sejak perang dimulai. Hingga saat ini, lebih dari 30 juta ton biji-bijian dan produk pertanian telah diekspor berdasarkan inisiatif tersebut.

Namun perjanjian tersebut secara berkala mendapat ancaman sejak saat itu karena Rusia dan Ukraina berjuang untuk menyepakati perpanjangannya sebelum tenggat waktu berakhir.

Pada bulan Maret, perjanjian tersebut diperbarui selama 60 hari, bukan 120 hari seperti yang diinginkan Ukraina, setelah Rusia menetapkan sejumlah persyaratan, termasuk hak untuk mengekspor pupuk.

Para pejabat Ukraina, Rusia, Turki, dan PBB bertemu di Istanbul pekan lalu untuk merundingkan pembaruan terbaru, yang tertahan oleh proposal terpisah untuk melanjutkan ekspor amonia Rusia melalui pipa.

Amoniak adalah komponen inti dari pupuk, yang ekspornya Rusia tuding Barat melakukan pemblokiran yang melanggar kesepakatan masa lalu. Kyiv juga menuduh Rusia memblokir kapal dengan menolak mendaftarkannya dan melakukan inspeksi yang panjang.

Upaya Ukraina untuk mengekspor lebih banyak produk pertaniannya melalui lahan telah menyebabkan perselisihan dengan negara-negara tetangga Uni Eropa di mana para petani mengatakan harga produk mereka sedang dipotong.

Sumber: AFP

KEYWORD :

Perang Rusia Ukraina Kesepakatan Biji-bijian PBB Turki Recep Tayyip Erdogan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :