Rabu, 15/05/2024 12:26 WIB

Mantan Presiden Barcelona Tegaskan Messi Tak Boleh Pergi Secara Gratis

Mantan presiden Barcelona Joan Laporta menegaskan bahwa Lionel Messi tidak bisa meninggalkan klub secara gratis 

Kapten Barcelona, Lionel Messi (foto: Marca)

Jakarta, Jurnas.com - Mantan presiden Barcelona Joan Laporta menegaskan bahwa Lionel Messi tidak bisa meninggalkan klub secara gratis musim panas ini.

Messi diketahui telah mengajukan permintaan transfer setelah musim 2019-20 tanpa trofi dan berharap bisa menghapus satu tahun tersisa dalam kontraknya.

Kesepakatan pemain berusia 33 tahun itu menetapkan bahwa ia dapat pergi dengan status bebas transfer musim panas ini, tetapi Barcelona bersikeras klausul itu akan berakhir pada Juni, 10 hari setelah final Liga Champions semula akan berlangsung.

Namun, kubu Messi mengklaim bahwa klausul tersebut seharusnya diperpanjang sejalan dengan musim yang berkepanjangan akibat lockdown virus corona, dengan final Liga Champions akhirnya tidak dimainkan hingga 23 Agustus.

Laporta bersikeras bahwa Messi tidak memiliki hak hukum untuk mengklaim itu, dan mendesak klub untuk menahan klausul pelepasan € 700 juta (£ 630 juta) penuh untuk dibayar jika dia pergi musim panas ini.

"Messi tidak bisa pergi. Dia harus pergi pada 2021. Saya telah melihat kontraknya dan itu sangat jelas. Klausul itu berakhir pada Juni dan tidak ada jalan untuk mundur. Saya lebih suka dia pergi tahun depan dengan harga nol daripada pergi sekarang kurang dari € 700 juta, "kata Gaspart dilansir Sportmole, Rabu (26/08).

"Klub yang bertanggung jawab di sini, bukan pemain. Klub membayar para pemain. Dan ini bukan masalah uang, ada kontrak yang ditandatangani dan hanya itu. Saya sangat mencintai Messi, tapi saya lebih mencintai Barcelona. Biarkan klausul dibayar," tambahnya.

"Jika Messi pergi kurang dari apa klausulnya layak, itu akan lebih memalukan daripada [kekalahan] 8-2. Dan Messi tidak boleh lupa bahwa para penggemar lebih mencintai Barcelona daripada pemainnya. Dan jika Messi pergi tahun depan, yah nasib buruk, dia berusia 34 tahun."

"Saya tidak mengerti mengapa dia meninggalkan Barcelona. Yah, saya mengerti karena saya tahu permainan ini dengan baik oleh para pemain sepak bola. Kami semua ingin dia bertahan di Barcelona. Bukankah dia ingin bertahan? Apa yang terjadi? jutaan anggota klub yang memintanya untuk tetap tidak layak?

"Apakah dia berpikir bahwa Barcelona tidak membantunya menjadi seperti sekarang? Messi sangat dicintai dan saya berharap dia akan menikmati satu tahun lagi di Barcelona. Saya lebih suka dia pergi gratis tahun depan daripada yang ini seharga € 699 juta. Mereka seharusnya tidak menurunkan harganya bahkan satu euro."

Messi bergabung dengan akademi La Masia Barcelona 19 tahun lalu dan telah memecahkan banyak rekor di klub tersebut, termasuk mencetak 634 gol yang tak tertandingi.

Manchester United, Manchester City, Paris Saint-Germain, Juventus, Inter Milan dan Chelsea termasuk di antara klub yang dikabarkan akan memantau situasinya.

KEYWORD :

Lionel Messi Klub Barcelona Joan Laporta




JURNAS VIDEO :



PILIHAN REDAKSI :