Selasa, 14/05/2024 09:53 WIB

Enam Cara Ampuh Obati Patah Hati

Tak mudah memang menyembuhkan patah hati, namun hidup tetap berjalan dan Anda tidak bisa hanya terpuruk dan meratap. 

Ilustrasi Perpisahan

Jakarta - Memang patah hati bisa menjadi pengalaman yang menyesakkan untuk sebagian orang. Berhati-hatilah bukan berarti hidup Anda berhenti di situ saja. Pada saat itu, Anda tak bisa teruskan segala rasa sakit yang Anda rasakan, hidup harus tetap berjalan.

Dilansir dari psychcentral.com, ada enam cara yang bisa dilakukan perlahan-lahan sampai Anda bisa sembuh dari patah hati, antara lain:

1. Hadapi, jangan hindari

Semua patah hati tidak mungkin hilang begitu saja, tidak ada jalan pintas untuk pulih dari patah hati. Psychcentral.com meminta Anda untuk menangis sepuasnya jika memang hal itu menyakiti Anda. Silakan bersedih sesuka hati sampai lega. Pada akhirnya, Anda dapat belajar dari apa yang telah dilalui.

2. Ubah kebiasaan

Buang jauh-jauh segala sesuatu yang menghubungkan Anda dengan mantan. Tidak perlu khawatir tentang kekanak-kanakan, karena semua orang memiliki cara yang berbeda untuk memecahkan masalah atah hati. Simpan atau buang barang atau apa saja yang bisa mengingatkan dengan mantan.

3. Bahagiakan diri sendiri

Tidak tiba-tiba sadar bahwa Anda sudah siap melepaskan semuanya tentang mantan. Meskipun menyakitkan, kabar buruk kini Anda memiliki kebebasan atas diri sendiri. Anda tidak perlu cepat berpindah ke hubungan berikutnya, Anda cukup bahagiakan diri Anda sendiri seperti manikur pedikur, kumpul dengan teman dan lain-lain tanpa perlu mengabari pasangan Anda.

4. Ubah cara melihat

Ada yang membalikkan pikiran Anda dan posisikan diri sebagai orang lain. Kira-kira bagaimana orang lain melihat hubungan Anda dengan mantan? Pemikiran-masalah ini membantu kita melihat masalah lebih jernih. Jangan teruskan apa yang dilalui adalah bencana padahal hubungan yang dilalui memang sudah tak sehat lagi.

5. Tolong orang lain

Berbagi dengan orang lain dapat dilakukan agar Anda mendapatkan dari hubungan tidak dilakukan pada orang lain. Jadikan pembelajaran dan berbagilah pengalaman tersebut kepada orang lain. Kita akan lupa tentang diri sendiri dan membantu kita mendapatkan perspektif baru terhadap masalah itu sendiri.

6. Lakukan kegiatan fisik

Kegiatan fisik yang
terasa sulit sekali untuk bergerak dan berkegiatan, olahraga adalah salah satu cara efektif untuk menghilangkan perasaan sedih. Lakukan olahraga seperti berlari, berenang atau tinju. Saat berolahraga, tubuh akan memproduksi hormon serotonin atau norepinefrin yang berfungsi menghilangkan depresi.

KEYWORD :

Patah Hati Obat Patah Hati




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :