Senin, 06/05/2024 07:14 WIB

Menteri Amran Ekspor Ribuan Ton Bawang Merah ke Thailand

Brebes merupakan salah satu sentra bawang merah. Namanya sudah terkenal sebagai salah satu wilayah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto: Supi/Jurnas.com)

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman akan melepas 5.600 ton bawang merah ke Thailand. Kali ini digelar di Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Brebes pada Rabu (1/8) besok.

"Ini merupakan kali kedua Kementerian mengekspor bawang merah dari Brebes, yang sebelumnya dilakukan pada Agustus tahun lalu," menurut keterangan yang diperoleh dari salah satu Humas Kementan, Selasa (31/7).

Sebelum mengekspor bawang merah ke Thailand dari kota bawang tersebut, Mentan terlebih dahulu akan meninjau langsung panen raya bawang merah di Desa Jagalempeni, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

Dalam peninjauan tersebut Amran dijadwalkan akan melakukan panen raya bersama petani dari lahan sekitar 29 hingga 32 ribu hektare yang ditaksir memproduksi sekitar 273 ribu ton. Putra Bone itu juga akan melakukan dialog singkat bersama petani dan masyarakat setempat.

Sekedar diketahui, Brebes merupakan salah satu sentra bawang merah. Namanya sudah terkenal sebagai salah satu wilayah penghasil bawang merah terbesar di Indonesia.

Tahun lalu tercatat Indonesia telah mengekspor sebanyak 7.750 ton bawang merah ke sejumlah negara atau meningkat 93,5 persen dibandingkan 2016 yang hanya sebanyak 736 ton.

KEYWORD :

Kementan Bawang Merah Brebes ekapor




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :