Minggu, 19/05/2024 05:55 WIB

Dikepung Drone dan Polisi, Pemerintah AS Bungkam Aksi Mahasiswa Pro-Palestina

Dikepung Drone dan Polisi, Pemerintah AS Bungkam Aksi Mahasiswa Pro-Palestina

Polisi menggunakan kendaraan untuk memasuki Hamilton Hall Columbia, Kota New York. REUTERS

NEW YORK - Pendudukan sebuah gedung di Universitas Columbia oleh pengunjuk rasa mahasiswa pro-Palestina telah memasuki jam ke-18 ketika foto dan video terdengar di ponsel mahasiswa: polisi telah memarkir setidaknya tujuh bus penjara di selatan kampus.

Punggung petugas polisi New York yang berjaga di luar gerbang kampus Manhattan terlihat melalui pagar. Drone pengawas polisi muncul di langit senja.

Bahkan ketika sebuah drone melayang di atas tenda perkemahan berusia dua minggu yang didirikan di halaman rumput oleh para mahasiswa yang memprotes hubungan keuangan Columbia dengan perang Israel di Gaza, administrator Columbia memanggil para pemimpin mahasiswa untuk menghadiri pertemuan Zoom pada hari Selasa. Diskusi terakhir itu tidak berhasil.

Dalam beberapa jam, polisi telah menangkap puluhan orang atas tuduhan perampokan dan pelanggaran, termasuk setidaknya 30 mahasiswa, enam alumni dan dua karyawan Columbia, dan membersihkan lokasi aksi protes yang telah memicu puluhan demonstrasi serupa di perguruan tinggi di seluruh dunia.

Kisah tentang polisi malam yang mengerumuni kampus universitas Ivy League ini didasarkan pada wawancara dengan mahasiswa pengunjuk rasa, profesor, pengamat, dan laporan saksi mata dari jurnalis Reuters.

Beberapa jam sebelum polisi bergerak, pengunjuk rasa yang menduduki Hamilton Hall muncul di balkon lantai dua di atas pintu depan yang dibarikade. Sebagian besar mengenakan kaus berlogo Columbia dan balaclava hitam. Salah satunya bersandar di dinding luar balkon, dengan kaki menjuntai, memberikan tanda perdamaian kepada kerumunan pendukung di bawah dan jari tengah kepada jurnalis mahasiswa yang mengangkat mikrofon setinggi mungkin untuk memberikan komentar.

Siswa menggunakan katrol untuk mengangkat pizza, air, perlengkapan P3K dan papan kayu besar ke balkon. Setiap kenaikan yang sukses mengundang sorakan. Teriakan "Kami mencintaimu!" bertukar antara balkon dan alun-alun di bawah.

Sejak pagi hari, Columbia telah mengunci kampus utama, membatasi akses bagi mahasiswa sarjana yang tinggal di kampus, staf keamanan dan ruang makan, serta pekerja penting lainnya.

Sueda Polat, seorang mahasiswa pascasarjana yang mendapatkan gelar di bidang hak asasi manusia dan salah satu negosiator utama dengan administrasi sekolah atas nama para pengunjuk rasa, masuk ke kampus dengan menyelinap melalui ruang bawah tanah dan memohon kepada penjaga keamanan. Dia bernyanyi bersama dengan paduan suara pengunjuk rasa yang berkumpul di depan barikade, dengan suara serempak lembut yang sebagian besar adalah suara perempuan: "Kami tidak akan tergerak."

Robbie Fox, mahasiswa tahun keempat jurusan biologi yang bersandar pada pilar di dekatnya, tidak bergeming. Dia tidak setuju dengan tuntutan para pengunjuk rasa dan telah kehilangan kesabaran dengan taktik mereka yang semakin meningkat.

“Ketika Anda menolak untuk berkompromi, Anda tidak dapat mengendalikan apa yang terjadi setelahnya,” katanya.

Sekitar jam 7 malam. Polat dan rekan perundingnya, mahasiswa pascasarjana Palestina Mahmoud Khalil, duduk di depan laptop di luar halaman perkemahan untuk berbicara dengan administrator Columbia, yang sehari sebelumnya telah mengumumkan kebuntuan dan skorsing bagi mahasiswa yang melakukan protes.

Tuntutan utama para mahasiswa adalah agar Columbia melakukan divestasi dari perusahaan-perusahaan yang mendukung pemerintah dan militer Israel. Rektor Columbia, membuka tab baru mengatakan universitas tersebut tidak akan "mendivestasi dari Israel" namun akan memastikan proposal mereka menerima peninjauan yang dipercepat oleh komite penasihat divestasi sekolah tersebut.

Tawaran balasan masih ada, kata administrator kepada pasangan tersebut, jika siswa yang tersisa di perkemahan rumput setuju untuk segera pergi. Pemerintahan Kolombia, yang menolak permintaan wawancara, menolak membahas nasib para mahasiswa yang menduduki Hamilton, kata Polat dan Khalil.

Mereka punya waktu 10 menit untuk memutuskan. Mereka kembali menolak kesepakatan tersebut.

“Itu bukan permulaan,” kata Polat. Dia dan Khalil yakin Kolombia akan membiarkan polisi masuk, apa pun tanggapan mereka.
`Tentara yang Menyerang`

Pada 20:18. kerumunan mahasiswa yang berkeliaran di sekitar kampus disemangati oleh telepon mereka: "Berlindung di tempat demi keselamatan Anda," demikian isi email dari Columbia Emergency Management. "Ketidakpatuhan dapat mengakibatkan tindakan disipliner."

Pada 21:07. Gerbang selatan Kolumbia dibuka dan sejumlah polisi yang mengenakan helm dan baju besi berbaris masuk. Sheila Coronel, seorang profesor di sekolah jurnalisme Kolumbia yang meliput protes di negara asalnya, Filipina, mengatakan bahwa aksi tersebut mirip dengan "tentara yang menyerang". Coronel berada di sana untuk mengawasi dan memberi makan puluhan jurnalis mahasiswa yang berusaha meliput kejadian luar biasa tersebut.

"Tidak tahu malu!" teriak para mahasiswa, gabungan antara pengunjuk rasa dan mahasiswa yang berada di sekitar, berteriak g penghinaan anti-polisi saat mereka berpencar. Petugas yang maju, sambil memegang tongkat, meneriaki semua orang agar mundur dari pintu Hamilton.

Ketika polisi mengelilinginya, Polat mengatakan kepada beberapa wartawan bahwa dalam lima tahun Columbia akan mengatakan bahwa mereka bangga dengan para pengunjuk rasa. Lalu dia menghilang dalam keributan itu.

Dalam beberapa menit, polisi telah membersihkan semua orang dari luar Hamilton, memerintahkan sebagian besar siswa masuk ke asrama sebelum menutup pintu dengan tongkat melalui pegangannya. Staf keamanan mengatakan siapa pun yang tidak tinggal di asrama harus tetap berada di lobi. Lusinan melakukannya. Beberapa terus meneriaki polisi, yang lain menangis. Mahasiswa di seluruh kampus diancam akan ditangkap jika mereka berusaha keluar.

Beberapa jurnalis yang tersisa, baik pelajar maupun lainnya, diperintahkan keluar dari gerbang selatan.

Polisi melemparkan perabotan terbalik yang menghalangi pintu masuk Hamilton ke bawah tangga dan memutuskan rantai sepeda yang mengunci pintu. Melalui pepohonan, siswa yang berada di jendela lantai atas dapat melihat dan mendengar ledakan dahsyat di dalam Hamilton. Seorang petugas di dalam, mencoba mengarahkan senter ke senjatanya, secara tidak sengaja menembakkan peluru, mengenai dinding, kata polisi.

Beberapa politisi telah menuntut agar polisi Kolombia menghentikan protes anti-Israel demi keselamatan mahasiswa Yahudi seperti Jacob Gold, seorang sarjana yang selama berjam-jam menyaksikan peristiwa tersebut melalui jendela asrama di lantai enam.

Dia bukan bagian dari protes, meskipun dia penasaran dengan perkemahan tersebut, sering berjalan melewatinya, dan mempunyai teman di dalamnya. Dia mengatakan Selasa malam adalah pertama kalinya dia merasa dalam bahaya, “dan itu karena polisi.”

Wakil Komisaris Polisi Tarik Sheppard berdiri di antara tenda untuk merekam video pendek, membuka tab baru yang akan dirilis polisi keesokan harinya: "Ini bukan kota tenda, ini Kota New York," katanya ke kamera. "Dan jika Anda berpikir untuk melakukan hal seperti ini, lihatlah sekeliling, lihat seberapa cepat kita membereskannya."

Tak jauh dari perkemahan, seorang Polat yang diam bersembunyi dari polisi di balik pagar gerbang bersama seorang temannya selama lebih dari satu jam. Dia merekam video lusinan pengunjuk rasa yang diborgol dari Hamilton, termasuk teman-temannya, digiring melewatinya oleh polisi menuju mobil van penjara. Baginya, mereka tampak "masih tak terkalahkan, masih gembira, masih disiplin, masih berprinsip."

KEYWORD :

Israel Palestina Protes Mahasiswa Kampus Dunia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :