Sabtu, 18/05/2024 19:44 WIB

Kedutaan Besar Palestina Mencari Status Sementara Warga Gaza yang Masuki Mesir selama Perang

Kedutaan Besar Palestina Mencari Status Sementara Warga Gaza yang Masuki Mesir selama Perang

Duta Besar Palestina untuk Mesir Diab al-Louh berbicara saat wawancara dengan Reuters di kedutaan Palestina di Kairo, Mesir 30 April 2024. REUTERS

KAIRO - Kedutaan Besar Palestina di Mesir sedang mencari izin tinggal sementara bagi puluhan ribu orang yang datang dari Gaza selama perang antara Israel dan Hamas, yang menurutnya akan meringankan kondisi mereka sampai konflik selesai.

Diab al-Louh, duta besar Palestina di Kairo, mengatakan sebanyak 100.000 warga Gaza telah menyeberang ke Mesir, di mana mereka tidak memiliki surat-surat untuk mendaftarkan anak-anak mereka ke sekolah, membuka usaha atau rekening bank, melakukan perjalanan, atau mengakses asuransi kesehatan – meskipun beberapa di antaranya telah melakukannya. menemukan cara untuk mencari nafkah.

Louh menekankan bahwa izin tinggal hanya untuk tujuan hukum dan kemanusiaan, dan menambahkan bahwa mereka yang tiba sejak perang dimulai pada 7 Oktober tidak memiliki rencana untuk menetap di Mesir.

“Kami berbicara tentang kategori (orang-orang) yang berada dalam situasi luar biasa. Kami meminta negara untuk memberi mereka tempat tinggal sementara yang dapat diperbarui sampai krisis di Gaza selesai,” kata Louh kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

“Kami yakin saudara-saudara kami di Mesir akan memahami hal ini. Mereka telah memberikan banyak hal,” katanya. "Tetapi... ini adalah masalah kedaulatan yang sedang dibahas di tingkat tertinggi."

Layanan Informasi Negara Mesir tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Mesir sangat vokal dalam menentang perpindahan massal warga Palestina dari Gaza, dan menganggap hal ini sebagai bagian dari penolakan negara-negara Arab terhadap terulangnya “Nakba”, atau “bencana”, ketika sekitar 700.000 warga Palestina melarikan diri atau terpaksa meninggalkan rumah mereka di Gaza. perang seputar pembentukan Israel pada tahun 1948. Para pemimpin Palestina juga menolak pemukiman warganya di negara asing.

Selama perang saat ini, Penyeberangan Rafah di perbatasan sepanjang 13 km (8 mil) antara Semenanjung Sinai Mesir dan Gaza telah menjadi pintu masuk pengiriman bantuan, dan juga tetap terbuka untuk lalu lintas penumpang.

Namun keberangkatan dari Gaza, yang sudah dikontrol ketat sebelum perang, dibatasi pada pengungsi medis, orang asing dan warga negara ganda, serta warga Palestina yang membayar biaya ke sebuah perusahaan bernama Hala yang dimiliki oleh seorang pengusaha terkemuka di Sinai.

Mereka yang pergi juga memerlukan izin keamanan dari Israel dan Mesir, yang bersama-sama telah menegakkan blokade di daerah kantong tersebut sejak Hamas mengambil alih kekuasaan di sana pada tahun 2007.

“Kami berbicara tentang 100.000 orang yang menantikan hari dimana mereka dapat kembali ke Gaza…mungkin setelah gencatan senjata tercapai atau perang berakhir,” kata Louh, seorang pejabat Otoritas Palestina yang juga berasal dari Gaza.

“Tetapi sampai hal ini terjadi, masyarakat perlu memperbaiki status hukumnya.”

Kedutaan telah membantu memfasilitasi perjalanan beberapa keluarga untuk kembali ke Gaza selama perang, kata Louh. Beberapa warga Palestina, termasuk pengunjung dan mahasiswa yang terdaftar di universitas-universitas Mesir, terdampar di Mesir ketika perang dimulai.

Puluhan ribu warga Palestina diperkirakan menetap setelah tahun 1948 di Mesir, meskipun jumlahnya lebih rendah dibandingkan di Yordania, Lebanon, dan Suriah, tempat PBB mendirikan kamp pengungsi. Ketika peraturan yang memberikan warga Palestina hak yang sama dengan warga Mesir dicabut sejak perjanjian perdamaian Mesir dengan Israel tahun 1978, warga Palestina mengatakan bahwa mereka mengalami semakin banyak kesulitan dalam mendapatkan dokumen.

Upaya kedutaan untuk membantu warga Gaza di Mesir terhambat oleh kurangnya dana dan staf. Otoritas Palestina, yang memiliki otonomi terbatas di Tepi Barat yang diduduki, terpukul oleh penurunan dana donor internasional dan pemotongan pendapatan pajak yang dikumpulkan Israel atas nama rakyat Palestina.

“Segala sesuatunya sulit, berbahaya, dan bisa menjadi lebih berbahaya,” kata Louh, mengacu pada kemungkinan serangan besar-besaran Israel ke Rafah, tempat lebih dari satu juta warga Gaza mencari perlindungan di dekat perbatasan dengan Mesir.

KEYWORD :

Israel Palestina Izin Tinggal sementara Mesir




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :