Minggu, 19/05/2024 06:13 WIB

Triwulan I, Realisasi Pajak Sulteng Capai Rp2,22 Triliun

Realisasi penerimaan pajak daerah di provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencapai Rp2,22 triliun pada periode triwulan I tahun 2024.

Illustrasi, pemungutan Pajak Pertambahan Nilai Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPN PMSE). (Foto DJP Kemenkeu)

Palu, Jurnas.com - Realisasi penerimaan pajak daerah di provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) mencapai Rp2,22 triliun pada periode triwulan I tahun 2024.

"Realisasi ini cukup positif, diupayakan ke depan angka realisasi lebih meningkat dari sebelumnya," kata Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kemenkeu Sulawesi Tengah Yuni Wibawa di Palu, Minggu (5/5/2024).

Penerimaan pajak didominasi oleh penerimaan PPh non minyak bumi dan gas (migas) sebesar 67,06 persen dari total penerimaan perpajakan.

Dari segi pertumbuhan penerimaan atas PPh non migas mencatatkan pertumbuhan tertinggi sekitar 40,02 persen (yoy), relatif tinggi dibandingkan komponen penerimaan pajak yang lain.

"Secara sektoral penerimaan pajak sebagian besar berasal dari pungutan di sektor industri pengolahan sebagai sektor unggulan dan potensial dalam perekonomian Sulteng," ujarnya.

Bulan Januari hingga Juli 2023 penerimaan negara di provinsi itu dari sektor pajak sebesar Rp3,9 triliun atau 62,9 persen, sektor ini penyumbang terbesar pendapatan negara tahun lalu.

Kinerja penerimaan yang positif diikuti kegiatan ekonomi yang baik, aktivitas produksi dan konsumsi terjaga, transaksi domestik yang stabil dan keberlanjutan, serta implementasi Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (HPP).

Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) triwulan 1 tahun ini terealisasi Rp209,28 miliar atau 49,86 persen.

Kemudian realisasi pendapatan negara regional Sulteng juga menunjukkan kinerja positif dengan pertumbuhan sebesar 17,64 persen. Secara kumulatif dari pendapatan negara telah mencapai Rp2,7 triliun dan tren ini menunjukkan arah positif yang terus terjaga sejak tahun 2021.

"Penerimaan negara tidak terlepas dari pertumbuhan penerimaan perpajakan maupun kinerja perekonomian Sulteng yang terus meningkat," kata dia.(ant)

KEYWORD :

Realisasi Pajak Sulawesi Tengah Triwulan I




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :