Selasa, 21/05/2024 02:46 WIB

Menlu AS Blinken Mendorong Gencatan Senjata di Gaza dalam Perjalanan ke Timur Tengah

Menlu AS Blinken Mendorong Gencatan Senjata di Gaza dalam Perjalanan ke Timur Tengah

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken berbicara selama konferensi pers bersama dengan Menteri Luar Negeri Kuwait Sheikh Ahmad Nasser Al-Mohammad Al-Sabah (tidak terlihat) di Kota Kuwait pada 29 Juli 2021 [Jaber Abdulkhaleg - Anadolu Agency]

MANILA - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken akan mengunjungi Timur Tengah minggu ini, dengan tujuan untuk mencapai kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Hamas, dan menjamin pembebasan sandera yang ditahan oleh kelompok militan Palestina.

Selama kunjungannya ke Filipina, Blinken mengatakan perjalanannya untuk bertemu dengan para pemimpin senior di Arab Saudi dan Mesir bertujuan untuk "membahas arsitektur yang tepat untuk perdamaian regional yang abadi".

Memberikan lebih banyak bantuan kemanusiaan ke Gaza serta mendiskusikan perencanaan pascaperang di wilayah tersebut adalah beberapa topik yang akan dia diskusikan dengan para pejabat Saudi dan Mesir.

“Seratus persen penduduk Gaza membutuhkan bantuan kemanusiaan,” kata Blinken, seraya menambahkan bahwa Israel “memiliki kewajiban” untuk memprioritaskan bantuan bagi mereka yang sangat membutuhkan.

Kekurangan pangan yang parah di beberapa bagian Jalur Gaza telah melampaui tingkat kelaparan, dan kematian massal kini akan segera terjadi tanpa adanya gencatan senjata segera dan lonjakan pasokan pangan ke daerah-daerah yang terputus akibat pertempuran, menurut pemantau kelaparan global Klasifikasi Fase Ketahanan Pangan Terpadu (Integrated Food-Security Phase Classification).

“Kami juga menekankan kepada Israel pentingnya memiliki rencana untuk Gaza ketika konflik berakhir, yang kami harap akan terjadi sesegera mungkin, konsisten dengan kebutuhan Israel untuk mempertahankan diri dan memastikan peristiwa 7 Oktober tidak akan terjadi lagi. " tambah Blinken.

Israel mengatakan pihaknya akan mencoba “membanjiri” Jalur Gaza dengan bantuan kemanusiaan dari berbagai titik masuk, seiring meningkatnya tekanan global untuk mengatasi masalah kelaparan yang semakin meningkat di wilayah kantong yang terkepung tersebut.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :