Kamis, 09/05/2024 13:04 WIB

Pemimpin Mayoritas Senat AS Minta Pemilu Baru di Israel, Anggap Netanyahu Hambat Perdamaian

Pemimpin Mayoritas Senat AS Minta Pemilu Baru di Israel, Anggap Netanyahu Hambat Perdamaian

Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer berbicara selama konferensi pers di Capitol Hill di Washington, AS, 12 Maret 2024. REUTERS

WASHINGTON - Pemimpin Mayoritas Senat AS Chuck Schumer pada Kamis menyerukan pemilu baru di Israel. Dia dengan keras mengkritik Perdana Menteri Benjamin Netanyahu sebagai hambatan bagi perdamaian.

Schumer dari Partai Demokrat, yang sudah lama menjadi pendukung Israel dan pejabat tertinggi Yahudi terpilih di AS, mengatakan kepada Senat bahwa pemerintahan Netanyahu "tidak lagi memenuhi kebutuhan Israel" lima bulan setelah perang yang dimulai dengan serangan terhadap Israel oleh militan Hamas pada 7 Oktober.

“Sebagai negara demokrasi, Israel mempunyai hak untuk memilih pemimpinnya sendiri, dan kita harus membiarkan hal ini terjadi. Namun yang penting adalah bahwa Israel diberi pilihan. Perlu ada perdebatan baru mengenai masa depan Israel. setelah 7 Oktober," kata Schumer.
“Menurut saya, hal itu paling baik dilakukan dengan mengadakan pemilu,” katanya.

Schumer mengatakan bahwa merupakan sebuah “kesalahan besar” bagi Israel jika menolak solusi dua negara dan mendesak para perunding dalam konflik Israel-Gaza untuk melakukan segala yang mungkin untuk menjamin gencatan senjata, membebaskan sandera dan mengirimkan bantuan ke Gaza.

Schumer dan tokoh Demokrat lainnya, termasuk Presiden Joe Biden, menghadapi kritik keras dari dalam partai, atas dukungan tanpa syarat Washington terhadap Israel, mengingat dampak serangan Israel di Gaza terhadap warga sipil Palestina.

Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih John Kirby mengatakan bahwa Schumer telah memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada Gedung Putih tentang pidato tersebut, namun tidak memberikan penolakan atau persetujuan atau mengeditnya sama sekali.

“Kami sepenuhnya menghormati haknya untuk menyampaikan pernyataan tersebut dan memutuskan sendiri apa yang akan dia katakan di Senat,” kata Kirby kepada wartawan.

Ketika ditanya apakah Washington berpendapat Israel harus mengadakan pemilu setelah perang, Kirby berkata: "Itu terserah Israel."

Seorang juru bicara dari kantor perdana menteri Israel mengatakan "belum ada komentar untuk saat ini." Partai Likud Netanyahu mengatakan bahwa Israel bukanlah republik pisang dan kebijakan Netanyahu mendapat dukungan publik yang luas.

Bertentangan dengan kata-kata Schumer, masyarakat Israel mendukung kemenangan total atas Hamas, menolak segala perintah internasional untuk mendirikan negara teroris Palestina, dan menentang kembalinya Otoritas Palestina ke Gaza, kata pernyataan Likud.

"Senator Schumer diharapkan menghormati pemerintahan terpilih Israel dan tidak meremehkannya. Hal ini selalu benar, dan terlebih lagi di masa perang."

Schumer mengkritik warga Palestina yang mendukung Hamas, dan mengatakan pemimpin Palestina Mahmoud Abbas juga harus minggir.
“Agar ada harapan perdamaian di masa depan, Abbas harus mundur dan digantikan oleh pemimpin Palestina generasi baru yang akan berupaya mencapai perdamaian dengan Negara Yahudi,” kata Schumer.
Leverage AS

Pemimpin Senat dari Partai Republik, Mitch McConnell, dengan cepat membela Netanyahu dalam pidatonya di Senat tepat setelah pidato Schumer yang sangat panjang, yaitu 45 menit.

"Ini sungguh mengerikan dan munafik bagi warga Amerika yang terlalu berventilasi mengenai campur tangan asing dalam demokrasi kita sendiri dengan menyerukan pemecatan pemimpin Israel yang terpilih secara demokratis. Ini belum pernah terjadi sebelumnya," kata McConnell.

Meskipun Schumer tidak menyebutkan kemungkinan memperkenalkan undang-undang yang menghubungkan penyediaan senjata AS dengan Israel untuk meringankan krisis kemanusiaan, seperti yang didukung oleh beberapa anggota Partai Demokrat, Schumer mengemukakan kemungkinan bahwa Washington akan menggunakan pengaruhnya jika Israel tidak mengubah arah.

“Jika koalisi Perdana Menteri Netanyahu saat ini tetap berkuasa setelah perang mulai mereda, dan terus menerapkan kebijakan berbahaya dan menghasut yang menguji standar bantuan AS yang ada, maka Amerika Serikat tidak punya pilihan selain memainkan peran yang lebih aktif dalam hal ini. membentuk kebijakan Israel dengan menggunakan pengaruh kami untuk mengubah arah yang ada saat ini,” katanya.

Pidato Schumer mencerminkan rasa frustrasi yang semakin besar di Washington terhadap Netanyahu, manajemen perangnya, kegagalannya berbuat lebih banyak untuk melindungi warga sipil Palestina, dan anggapan terhambatnya pengiriman bantuan di Gaza.

“(Netanyahu) terlalu bersedia untuk menoleransi korban sipil di Gaza, yang mendorong dukungan bagi Israel di seluruh dunia ke titik terendah dalam sejarah. Israel tidak dapat bertahan jika mereka menjadi paria,” kata Schumer.

Adminis Biden Pemerintah juga tidak senang dengan penolakan keras Netanyahu terhadap seruan AS untuk mendukung solusi dua negara, yang dianggap penting oleh AS untuk membantu meredam konflik dan mencapai perdamaian abadi.

Sambutan Schumer dan pejabat pemerintahan anggota kabinet perang Israel Benny Gantz di Washington bulan ini secara luas dipandang sebagai penghinaan terhadap Netanyahu, yang belum diundang ke Gedung Putih Biden. Gantz adalah politisi berhaluan tengah yang diharapkan para pejabat AS suatu hari nanti akan menggantikan perdana menteri.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Netanyahu Diprotes




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :