Jum'at, 10/05/2024 00:56 WIB

Kapal Bantuan Berisi 200 Ton Makanan Belum Mencukupi Kebutuhan di Gaza

Kapal Bantuan Berisi 200 Ton Makanan Belum Mencukupi Kebutuhan di Gaza

Sebuah kapal yang membawa bantuan berlayar di lepas pantai Gaza, terlihat dari tengah Jalur Gaza, 15 Maret 2024. REUTERS

GAZA - Kapal pertama yang membawa bantuan makanan mencapai pantai Jalur Gaza pada hari Jumat. Kapal Open Arms, yang membawa 200 ton makanan, terlihat dari kejauhan di lepas pantai jalur pantai, tempat kapal tersebut ditarik dari Siprus.

Badan amal World Central Kitchen (WCK) bertujuan untuk mengirimkan bantuan melalui dermaga sementara, meskipun rincian pasti tentang bagaimana pasokan akan mencapai pantai belum dijelaskan.

Jika jalur laut baru ini berhasil, hal ini mungkin bisa membantu meringankan krisis kelaparan yang melanda Gaza, di mana ratusan ribu orang menghadapi kekurangan gizi dan rumah sakit di wilayah utara yang paling parah dilanda kelaparan melaporkan anak-anak meninggal karena kelaparan.

Namun, lembaga-lembaga bantuan telah berulang kali mengatakan bahwa rencana untuk mengirimkan bantuan melalui laut dan udara tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan besar di wilayah tersebut.

PBB mengatakan 2,3 juta penduduk Gaza menderita krisis pangan dan seperempat dari mereka berada di ambang kelaparan, terutama di wilayah utara.

Israel, yang menutup semua rute darat ke Gaza kecuali dua penyeberangan di tepi selatan wilayah tersebut, membantah bersalah atas kelaparan dan mengatakan lembaga-lembaga bantuan harus melakukan pekerjaan yang lebih baik dalam mendistribusikan makanan. Badan-badan tersebut mengatakan mereka membutuhkan akses dan keamanan yang lebih baik, yang keduanya merupakan tanggung jawab pasukan Israel yang telah memblokade jalur tersebut dan menyerbu kota-kotanya.

Distribusi bantuan terbatas yang datang berlangsung kacau dan sering kali terjadi kekerasan di bawah pengawasan tank Israel.

Dalam salah satu insiden terburuk yang dilaporkan, otoritas kesehatan Gaza melaporkan sedikitnya 21 orang tewas dan 150 orang terluka pada Kamis malam, dan menyalahkan pasukan Israel karena melepaskan tembakan ke kerumunan yang sedang mengantri untuk mendapatkan makanan di persimpangan jalan dekat Kota Gaza.

Israel membantah pasukannya harus disalahkan, seperti yang terjadi pada insiden-insiden sebelumnya, termasuk insiden paling mematikan sejauh ini, pada 29 Februari, ketika lebih dari 100 orang tewas.

KEYWORD :

Israel Palestina Serangan Hamas Bantuan Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :