Jum'at, 10/05/2024 21:31 WIB

Komisi Pemilu Kongo Batalkan 82 Caleg dalam Pemilu Bulan Desember

Komisi Pemilu Kongo Batalkan 82 Caleg dalam Pemilu Bulan Desember

Seorang pendukung memegang foto presiden Felix Tshisekedi menjelang pengumuman hasil sementara pemilihan presiden di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo, 31 Desember 2023. Foto: Reuters

KINSHASA - Komisi pemilu Kongo mengatakan telah membatalkan pemungutan suara untuk 82 dari 101.000 calon legislatif dalam pemilu Desember yang disengketakan karena dugaan kecurangan dan masalah lainnya, di tengah seruan baru dari oposisi agar pemungutan suara diulang.

Mereka yang didiskualifikasi termasuk kandidat untuk dewan nasional, provinsi dan kota, yang hasilnya belum dipublikasikan. Dampak dari jajak pendapat tanggal 20 Desember itu akan semakin mengganggu stabilitas Republik Demokratik Kongo, produsen utama kobalt dan produsen kobalt negara terbesar kedua di Afrika.

Pernyataan komite pemilu CENI pada hari Jumat tidak membahas pemilihan presiden yang juga berlangsung pada 20 Desember, sehingga memberikan kemenangan telak kepada Presiden Felix Tshisekedi. Pihak oposisi menentang hasil pemilu tersebut di tengah klaim adanya dugaan penyimpangan pemilu yang meluas, yang dilaporkan oleh pemantau mereka sendiri dan independen.

Komisi tersebut mengatakan pihaknya telah meluncurkan penyelidikan setelah pemilu untuk menyelidiki "tindakan kekerasan, vandalisme dan sabotase yang dilakukan oleh kandidat tertentu yang mempunyai niat buruk terhadap pemilih, staf mereka, aset mereka dan materi pemilu."

Penyelidikan tersebut telah menyebabkan pembatalan 82 calon legislatif serta pembatalan penuh pemilu di semua tingkatan di dua dari 484 daerah pemilihan, katanya. Sebanyak 16 orang lainnya telah dikeluarkan dari pemilu karena masalah keamanan lokal.

Empat penjabat gubernur provinsi dan tiga menteri termasuk di antara 82 orang yang dikecualikan.

Tindakan CENI tidak menenangkan pihak oposisi, banyak di antara mereka yang menuduh komisi tersebut membantu memberikan keuntungan bagi Tshisekedi dalam pemilu.

Penantang presiden Martin Fayulu pada hari Sabtu mengulangi seruan bersama untuk pembatalan pemilu dan pemilihan ulang secara penuh – sebuah tuntutan yang telah ditolak oleh pihak berwenang.

“Kami menginginkan pemilu yang nyata,” kata Fayulu pada konferensi pers oposisi, dan menyerukan Uni Afrika atau Komunitas Pembangunan Afrika Selatan untuk “terlibat dalam menyelesaikan masalah ini”.

Dia meminta para pendukungnya untuk menunjukkan perlawanan terhadap dugaan penipuan tersebut, namun tidak langsung menyerukan lebih banyak protes jalanan.

Pemerintah dan CENI mengatakan pemilu terakhir ini berlangsung bebas dan adil meskipun terdapat penyimpangan, termasuk TPS yang tidak dibuka pada hari pemilu, insiden kekerasan, mesin pemungutan suara yang tidak berfungsi, dan kemunduran lainnya yang menyebabkan perpanjangan pemungutan suara yang tidak terjadwal yang dasar hukumnya menjadi misi pemantau utama. telah mempertanyakan.

Tresor Kibangula, seorang analis politik di lembaga penelitian Ebuteli di Kongo, mengatakan sulit untuk melihat bagaimana penyimpangan tersebut tidak berdampak pada pemilihan presiden, "terutama mengingat semua pemungutan suara dilakukan pada hari yang sama dengan perangkat pemungutan suara elektronik yang sama." .

“Pertanyaan utamanya adalah, apakah proklamasi kemenangan (Tshisekedi) terdistorsi oleh ketidakberesan yang tampaknya tersebar luas di seluruh negeri,” katanya melalui telepon.

KEYWORD :

Pemilu Kongo Caleg Batal Pemilihan Presiden




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :