Selasa, 21/05/2024 00:19 WIB

Dedikasi Mobius di TVA, Siapa Jati Diri Karakter Owen Wilson di Loki Musim 2?

Dedikasi Mobius di TVA, Siapa Jati Diri Karakter Owen Wilson di Loki Musim 2?

Dedikasi Mobius di TVA, Siapa Jati Diri Karakter Owen Wilson di Loki Musim 2? (FOTO: DISNEY)

JAKARTA - Lelucon dan referensi yang tampaknya tidak berbahaya di episode ketiga Loki Musim 2 mungkin telah mengungkap identitas sebenarnya dari Agen Mobius (Owen Wilson).

Seperti yang diperkenalkan di Musim 1, banyak karyawan Time Variance Authority tidak muncul begitu saja. Masing-masing dari mereka adalah varian yang nasibnya diubah untuk melindungi Sacred Timeline, meskipun tujuan tersebut telah berubah secara drastis setelah kematian He Who Remains (Jonathan Majors).

Dengan informasi penting tersebut, mau tak mau kita bertanya-tanya siapa saja para karyawan ini sebelum mereka hidup di TVA.

Sungguh, satu-satunya kehidupan masa lalu yang pernah kita lihat adalah Ravonna Renslayer (Gugu Mbatha-Raw), yang menjalani kehidupan sehari-hari sebagai guru sebelum diangkat menjadi kepala TVA.

Masuk akal jika kehidupan normal terjadi pada sebagian besar operator TVA, tetapi ini adalah Marvel Cinematic Universe — sebuah waralaba yang dikenal terus-menerus menyiapkan karakter dan alur cerita dari komik.

Tidak mengherankan jika beberapa karakter ini merupakan varian dari pahlawan, penjahat, dan karakter di antara Marvel yang sudah mapan.

Konsep ini berlaku ganda untuk karakter utama TVA Loki, tayang sudah menjadi favorit penggemar di MCU dalam salah satu acara terbaik yang pernah datang dari Marvel Cinematic Universe.

Kita akui sepenuhnya bahwa teori berikut ini agak berlebihan, namun jika firasat kami benar, kami mungkin mendapat petunjuk tentang siapa sebenarnya Mobius M. Mobius.

Mobius Dihantui oleh Siapa Dia Dulu di `Loki` Musim 2

Ketika Loki pertama kali dimulai di Musim 1, Agen Mobius M. Mobius sama seperti karyawan TVA lainnya. Dia sangat berdedikasi untuk melayani Time Variance Authority dan melindungi integritas dari apa yang disebut Garis Waktu Suci, meskipun sebagian dari dirinya selalu sedikit lebih memberontak dibandingkan beberapa rekannya.

Sifat memberontak itu berubah menjadi pemberontakan segera setelah dia mulai bekerja dengan varian Loki Laufeyson (Tom Hiddleston), dan keduanya dengan cepat menemukan bahwa TVA tidak seperti yang terlihat.

Setelah menyadari hal ini, muncul keinginan untuk mencari tahu siapa dia di Garis Waktu Suci, tetapi Mobius tidak dapat mengkhawatirkan hal itu saat ini. Dia perlu membantu mitra barunya dalam menemukan pencipta TVA dan menjatuhkannya.

Mereka berhasil mencapai tujuan itu, tetapi kematian He Who Remains di tangan Sylvie (Sofia Di Martino) telah menimbulkan masalah baru.

Meskipun kita harus mengatakan bahwa ada banyak masalah baru, karena pembongkaran Garis Waktu Suci berarti bahwa sekarang ada garis waktu dan varian yang jumlahnya tak terbatas yang mengancam kehancuran TVA.

Hal ini tidak luput dari perhatian para petinggi TVA, dengan salah satu Hunter, X-5 (Rafael Casal), memutuskan bahwa dia tidak perlu menjadi stormtrooper yang menahan waktu lagi.

Akibatnya, X-5 memutuskan untuk membuat kehidupan baru di Timeline Suci sebagai Brad Wolfe — bintang film yang terkenal karena karyanya di franchise "Zaniac".

Loki dan Mobius akhirnya melacaknya dan membawanya kembali ke TVA untuk diinterogasi. Selama ini, Wolfe benar-benar mulai menekan tombol interogatornya, bahkan sampai mengejek Mobius dengan gagasan bahwa dia adalah orang lain di timeline.

Di mana Loki biasanya menjadi pemarah di antara keduanya, Mobius menyerang dan menyerang Wolfe. Meskipun dia tetap berkepala dingin dan memiliki sikap bercanda hampir sepanjang waktu, Mobius masih bertanya-tanya siapa dia dulu.

`Loki` Season 2 Berpotensi Hadirkan Balder the Brave Sebagai Kandidat Alter Ego Mobius

Ketika Loki dan Mobius melakukan perjalanan ke Chicago pada tahun 1893 untuk menemukan Ravonna Renslayer dan Miss Minutes (Tara Strong), mereka menemukan perayaan teknologi multikultural yang penting yaitu Pameran Dunia.

Di sana, mereka melihat paviliun berdasarkan berbagai negara di dunia, salah satunya terinspirasi oleh budaya Nordik. Jelas sekali, sebagai Dewa Kenakalan Norse, paviliun khusus ini sangat cocok untuk Loki, yang memiliki beberapa catatan untuk beberapa penggambaran patung mitologis yang digambarkan dalam pajangan.

Tidak hanya desain saudaranya Thor (Chris Hemsworth) dan ayahnya Odin (Anthony Hopkins) yang terlihat benar-benar salah, tetapi Loki juga diabaikan demi Dewa Norse lainnya: Balder.

Sama seperti rekan-rekannya yang lebih terkenal, Balder adalah Dewa nyata dari mitologi Norse yang juga muncul di Marvel Comics. Balder juga bukan sembarang Dewa Norse, karena ia adalah putra Odin dan saudara tiri Thor.

Balder juga spesial dalam komik karena dinubuatkan bahwa kematiannya akan menjadi pemicu insiden Ragnarok — akhir dari dunia Norse di Asgard. Untuk mencegah tragedi ini, Odin memerintahkan agar Balder diberi mantra yang membuatnya praktis tak terkalahkan.

Sekilas, penyebutan Balder di Episode 3 Loki Musim 2 sepertinya hanya itu saja — referensi sederhana ke sosok dalam mitologi Norse dan karakter dari Marvel Comics, tapi bagaimana jika itu sesuatu yang lebih?

Bagaimana jika Mobius dulunya adalah Balder di kehidupan sebelumnya? Mobius tampaknya cukup beruntung dalam hal menghindari bahaya, seperti ketika dia selamat dari Akhir Zaman setelah dipangkas oleh Renslayer.

Balder yang kebal terhadap bahaya akan menjadi karakteristik yang berguna bagi Agen TVA.

Meskipun gagasan bahwa Loki — dan Thor — memiliki saudara kandung rahasia selama ini mungkin tampak agak tidak masuk akal, ini bukan pertama kalinya hal itu terjadi, seperti yang kita lihat pada Hela (Cate Blanchett) di Thor: Ragnarok (yang masih terjadi di MCU tanpa kematian Balder).

Di sisi lain, Mobius hanya menjadi orang normal di Timeline Suci juga akan bekerja dengan baik, karena dia telah melakukan lebih dari cukup dengan hanya menjadi Mobius yang menyukai jet ski.

Episode baru Loki Musim 2 tayang perdana hari Kamis di Disney+. (*)

 

KEYWORD :

Seputar Film Mobius Owen Wilson Loki Tom Hiddleston




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :