Selasa, 21/05/2024 01:19 WIB

Khasiat Sayur Oyong, Salah Satu Sebagai Obat Anemia

Sayur oyong adalah salah satu tanaman yang mengandung berbagai macam nutrisi menyehatkan.

Manfaat sayur oyong ( Foto : Orami )

Jakarta, Jurnas.com - Sayur oyong termasuk jenis tanaman yang cukup dikenal di Indonesia dan biasa diolah menjadi sayur bening. 

Perlu Anda ketahui, makanan sehat ini kerap dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya karena kandungan vitamin A yang tinggi. Oleh karena itu, setiap orang disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin agar mendapatkan benefitnya.

Mencegah penyakit mata

Terdapat vitamin yang dapat membantu dalam mengurangi penyakit mata. Terlebih jika dikonsumsi bersamaan dengan berbagai nutrisi lainnya, seperti vitamin C, vitamin E, dan zinc, risiko terserang degenerasi makula bisa menurun bahkan sampai 25%.

Mencegah diabetes

Sayur oyong juga kaya akan kandungan mangan untuk memproduksi enzim pencernaan untuk proses glukoneogenesis, sehingga risiko seseorang untuk mengidap diabetes lebih rendah.

Mencegah/mengurangi radang sendi

Tanaman ini juga memiliki kandungan tembaga yang cukup tinggi, sehingga sangat baik dalam mengatasi arthritis.

Selain itu, juga mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi kekakuan pada tubuh serta rasa sakit pada sendi.

Untuk kesehatan kulit

Terdapat vitamin C yang terkandung bermanfaat untuk mengurangi kekeringan pada kulit dan memperlambat penuaan pada bagian terluar tubuh ini.

Obat anemia

Ada kandungan vitamin B6 di dalam sayur oyong juga cukup tinggi, hampir mencapai 15% kebutuhan harian pada tubuh. Tercukupinya nutrisi ini dapat meningkatkan produksi hemoglobin yang ampuh dalam mengatasi anemia. 

KEYWORD :

Sayur oyong manfaatnya




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :