Jum'at, 10/05/2024 20:46 WIB

Inilah Manfaat Buah Labu, Salah Satunya Membuat Wajah Awet Muda

Buah labu atau yang sering diolah menjadi sayuran ini diketahui untuk meningkatkan daya tahan tubuh hingga menjaga kesehatan jantung.

Manfaat buah labu untuk kesehatan ( Foto : Prenagen )

Jakarta, Jurnas.com - Buah labu juga dikenal dengan kandungan nutrisinya yang baik untuk kesehatan.

Berkat keragaman nutrisi yang terkandung di dalamnya, buah labu sangat baik dikonsumsi oleh siapa pun, di antaranya yakni :

Menurunkan berat badan

Ini karena labu rendah lemak dan kalori, tetapi kaya akan serat, antioksidan, dan beragam vitamin serta mineral yang penting untuk kesehatan tubuh.

Berkat asupan serat dan karbohidrat kompleksnya, Anda bisa merasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan pun lebih mudah terkontrol. Dengan demikian, Anda bisa mengatur porsi makan dan asupan kalori dengan lebih baik agar berat badan tetap terjaga.

Menjaga pencernaan

Kandungan serat dan air pada sayur dan buah-buahan, termasuk labu, juga baik dikonsumsi untuk mencegah dan mengatasi sembelit secara alami. Tak hanya itu, labu juga baik dikonsumsi untuk mencegah dehidrasi.

Menjaga imunitas tubuh

Labu mengandung antioksidan dan beragam nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas tubuh, seperti protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E, folat, dan zinc. 

Selain itu, kandungan vitamin C dan protein pada buah labu juga berperan penting dalam mendukung.

Membuat awet muda

Kandungan beta karoten, vitamin B, vitamin C, protein, dan beragam antioksidan di dalam labu juga bermanfaat untuk mencegah dan memperbaiki efek kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau sinar UV, mengurangi peradangan di kulit, serta mencegah penuaan dini.

Selain bisa dikonsumsi langsung, labu juga bisa diolah menjadi masker alami untuk perawatan wajah dan tubuh Anda.

Mencegah jantung

Tingginya kandungan kalium, serat, dan antioksidan pada labu juga baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kalium merupakan salah satu jenis mineral dan elektrolit yang dapat menurunkan tekanan darah.

Sementara kandungan serat dan antioksidan baik untuk mengurangi kolesterol jahat sekaligus mencegah penyumbatan di pembuluh darah jantung.

Mencegah kanker

Ini karena labu kaya akan antioksidan, seperti beta karoten, flavonoid, dan polifenol. Berbagai jenis antioksidan tersebut diketahui dapat menghambat dan mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh.

KEYWORD :

Labu manfaat bisa awet muda




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :