Selasa, 21/05/2024 01:38 WIB

Tips Merangsang ASI Lancar Setelah Melahirkan

Hanya dengan ASI, seluruh nutrisi yang dibutuhkan Si Kecil dapat terpenuhi dengan baik. Sayangnya, tidak sedikit ibu menyusui yang mengeluhkan ASI-nya tidak lancar. 

Tips ASI tetap lancar ( Foto : Klikdokter )

Jakarta, Jurnas.com - Ada beberapa kondisi yang memicu ASI tidak keluar setelah melahirkan. Hal tersebut lantaran si ibu mengalami stres, kehilangan darah, bahkan masalah saat persalinan.

Selain itu, faktor kesehatan ibu sendiri menentukan sedikit banyak keluarnya ASI. Beberapa kondisi tersebut terkait dengan hormon dalam tubuh ibu, seperti diabetes, obesitas, riwayat PCOS, atau obat yang dikonsumsi.

Apalagi mengingat ASI sangat penting di enam bulan pertama kehidupan Si Kecil.

Berikut ini beberapa cara memperlancar ASI agar asupan untuk Si Kecil tercukupi:

Gizi tubuh ibu tercukupi

Makanan yang direkomendasikan, yaitu ayam, ikan, telur, daging, buah-buahan, dan sayuran hijau. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih.

Meningkatkan frekuensi menyusu

Cara ini dapat membantu merangsang kontraksi pada otot-otot payudara. Kontraksi otot yang baik akan membuat ASI semakin lancar. Semakin banyak ASI dikeluarkan, maka semakin meningkat pula produksinya. Jika Si Kecil sudah kenyang, ibu bisa mengakalinya dengan teknik pumping.

Ciptakan lingkungan nyaman

Selama proses menyusui berlangsung, ibu wajib menghindari cemas, stres, atau depresi. Kondisi tersebut dapat memengaruhi produksi ASI secara langsung. Sebaiknya ciptakan lingkungan yang tenang dan nyaman selama masa menyusui.

Perhatikan peletakan puting

Jika saat pumping ASI keluar lebih banyak ketimbang saat menyusui, bisa saja pelekatan puting pada mulut anak tidak tepat.

Pelekatan puting yang tepat dapat mencegah nyeri, lecet, bahkan luka selama proses menyusui.

Minuman hangat

Minuman hangat seperti susu, teh, atau kopi akan membantu Anda untuk menenangkan diri. Kondisi tubuh yang tenang akan membantu mekanisme tubuh kembali normal dan meningkatkan ASI

Pijat

Khusus yang satu ini, Anda butuh bantuan orang lain, misalnya suami atau keluarga lainnya. Anda bisa meminta mereka untuk memijat leher dan punggung Anda.

Ketika dipijat, posisikan diri Anda dalam posisi setengah menunduk. Akan lebih baik jika Anda melepaskan baju Anda, sehingga payudara akan jatuh ke bawah. Mulailah memijat dari bagian leher ke punggung dengan menggunakan ibu jari.

KEYWORD :

ASI Cara merangsang manfaat untuk si kecil




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :