Senin, 13/05/2024 08:14 WIB

Uni Afrika Resmi Jadi Anggota Tetap G20

Uni Afrika Resmi Jadi Anggota Tetap G20

Logo KTT G20 India (Foto: AFP)

New Delhi, Jurnas.com - Uni Afrika (AU) resmi menjadi anggota tetap G20 pasca Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di India menyepakati masuknya kelompok negara tersebut pada Sabtu (9/9).

Uni Afrika yang terdiri dari 55 negara anggota, kini memiliki status yang sama dengan Uni Eropa, satu-satunya blok regional dengan keanggotaan penuh. Sebelumnya, Uni Afrika hanya berstatus organisasi internasional yang diundang.

Perdana Menteri India, Narendra Modi, dalam sambutan pembukaannya mengundang AU yang diwakili oleh Azali Assoumani untuk duduk di meja para pemimpin G20 sebagai anggota tetap.

"Saya merasa terhormat menyambut Uni Afrika sebagai anggota tetap Keluarga G20. Hal ini akan memperkuat G20 dan juga memperkuat suara negara-negara Selatan," kata Modi dikutip dari AFP.

Selain keanggotaan Uni Afrika, KTT G20 kali ini juga membahas berbagai isu antara lain pinjaman kepada negara-negara berkembang oleh lembaga multilateral, reformasi arsitektur utang internasional, peraturan mengenai mata uang kripto dan dampak geopolitik terhadap ketahanan pangan dan energi.

Draf setebal 38 halaman yang diedarkan di antara para anggota membiarkan paragraf `situasi geopolitik` tetap kosong. Adapun 75 paragraf lainnya menunjukkan kesepakatan luas mengenai isu-isu seperti mata uang kripto dan reformasi di bank pembangunan multilateral.

Diketahui, G20 sebelumnya terdiri dari 19 negara dan Uni Eropa, dengan anggota yang mewakili sekitar 85 persen PDB global, lebih dari 75 persen perdagangan global, dan sekitar dua pertiga populasi dunia.

KEYWORD :

Uni Afrika KTT G20 Anggota Tetap




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :